Pengertian Sneakernet



Pengertian Sneakernet. Ohooy kakak-kakak semua! Maaf lama gak posting artikel baru nih. Kali ini penulis akan membahas mengenai Pengertian Sneakernet dalam dunia jaringan komputer. Mungkin kakak-kakak belum pernah mendengar atau mengetahui mengenai Pengertian Sneakernet. Tetapi secara tidak sadar kita sering berada dalam Sneakernet. Oke deh, lanjut aja bacanya ke paragraf selanjutnya mengenai pembahasan kita kali ini mengenai Pengertian Sneakernet! :D

Pengertian Sneakernet



Pengertian Sneakernet

Pengertian Sneakernet adalah suatu cara untuk mentransfer data atau file secara fisik atau nyata dengan menggunakan media penyimpanan portable (seperti Disket atau Flashdisk) ke PC yang kita tuju kemudian menyimpan hasil salinan itu ke dalam PC kita.

Masih bingung mengenai Pengertian Sneakernet? Berikut adalah contoh kasus kecil yang sering kita temui:

Dalam dunia jaringan komputer (baca juga mengenai Pengertian Jaringan Komputer), kita sudah biasa menggunakan layanan transfer data atau layanan sharing file antar PC lain di dalam jaringan komputer seperti jaringan LAN di dalam kantor, sekolah, dan kampus. Bila PC yang kita tuju untuk menyalin file penting tidak berada dalam jaringan kita, misalnya saja PC teman kita yang berada cukup jauh dari rumah kita dan kita tidak memiliki koneksi untuk terhubung ke Internet. Tentu kita pergi ke rumah teman kita tersebut untuk memiliki salinan file yang berada di dalam PC-nya. Setelah kita pergi ke rumah teman kita dan memiliki salinan file penting yang kita inginkan, kemudian kita pulang ke rumah kita lalu menyimpan salinan file penting tersebut pada PC kita. Tanpa kita sadari, kita telah menerapkan Sneakernet. Lalu, tanpa adanya perangkat penyimpanan portable seperti Flashdisk, maka akan sulit untuk mengimplementasikan Sneakernet karena kita memerlukan media penyimpan untuk menyimpan file yang akan kita transfer.


Mengapa Dinamakan Sneakernet?

Menerapkan Sneakernet, seolah-olah kita berperan sebagai media transfer data seperti kabel atau gelombang radio (Wireless) pada sebuah jaringan (Network) yang tidak nyata atau virtual untuk mendapatkan sebuah file yang kita inginkan. Dari tempat kita berada, kita pergi ke tempat teman kita berada yang memiliki PC dengan file yang kita inginkan, copy file tersebut pada Flashdisk, lalu kita pergi ke tempat asal kita dan menyimpan file tersebut pada PC kita. Untuk itulah, mengapa dinamai Sneakernet karena kita memerlukan sepasang Sepatu Karet atau Sneakers untuk melakukannya (ini hanya istilah saja. Anda dapat menggunakan alas kaki selain Sneakers seperti sandal untuk menerapkan Sneakernet.

Jadi, istilah Sneakernet, berasal dari kata Sneakers dan Network.


Pengertian Sneakernet



Sneakernet Merupakan Jaringan Komputer atau Bukan?

Seperti penjelasan di atas mengenai Pengertian Sneakernet, bahwa kita seolah-olah berada dalam sebuah jaringan dan kita (manusia) sebagai media untuk lalu-lintas transfer file. Sebenarnya Sneakernet merupakan cara sharing file secara FISIK. Bukan seperti sharing file atau transfer data yang sebenarnya pada suatu jaringan komputer. Jadi, bisa dikatakan bahwa Sneakernet bukan sebuah Jaringan Komputer yang NYATA.


Intinya, bahwa Pengertian Sneakernet adalah suatu cara untuk mendapatkan informasi/data atau file oleh seseorang dengan menggunakan media penyimpanan portable seperti Flashdisk dan Disket dari PC atau sumber tujuan yang kemudian hasil salinan tersebut di paste pada PC kita.


Nah, itu dia pembahasan kita kali ini mengenai Pengertian Sneakernet. Mohon maaf atas segala kekurangan yang ada pada artikel dan blog ini. Terima Kasih telah membaca artikel mengenai Pengertian Sneakernet ini!~

BAGIKAN HALAMAN INI DI :

0 Response to "Pengertian Sneakernet"

Posting Komentar

close