Pengertian GNU



Kata GNU sudah gak asing lagi bagi anda yang udah berkecimpung di dunia Linux dan opensource. Bagi anda yang baru masuk ke dunia Linux, mungkin bertanya-tanya tentang Pengertian GNU. Emang, Pengertian GNU apa sih? GNU itu bukannya Linux yah? Hehehehehehe..... Tenang, kali ini saya akan membahas artikel mengenai Pengertian GNU. Bagi anda yang sudah tahu dan lebih mengerti tentang Pengertian GNU, harap comment dan sarannya akan artikel saya mengenai Pengertian GNU versi saya ini. Hehehehe.... Tanpa basa-basi lagi, silahkan memabca Pengertian GNU.... ^^

Pengertian GNU



GNU (GNU is Not Unix), GNU ini merupakan sebuah proyek yang dibangun oleh Richard Stallman untuk membuat sebuah sistem operasi yang mirip Unix (Unix like). Yang tentunya sistem operasi ini merupakan sistem operasi yang free/bebas. Contoh proyek yang dikerjakan oleh GNU seperti membuat GNU C Compiler, desktop environment, dan masih banyak lagi.


Nah, pada Linux juga menyangkut proyek dari GNU. Kenapa bisa begini padahal kan Linux merupakan karya dari Linus Torvalds? Hehehehehe.... Mari kita selidiki... :)

Awal mulanya kan, om Linus Torvalds ini membuat sebuah Kernel Linux. Kan, gak mungkin om Linus Torvalds membuat sendiri desktop environment-nya, Program-program dan aplikasinya juga. Jadi, om Linus Torvalds mengambil aplikasi-aplikasi dan program-program serta semua yang dibutuhkan untuk membuat Linux menjadi sebuah sistem operasi yang lebih sempurna lagi dari proyek-proyek yang sudah dihasilkan oleh GNU tersebut. Jadi, om Linus Torvalds ini hanya membuat Kernel-nya saja.


Linux juga kan mengadopsi semua program dan aplikasi yang diambil dari proyek-proyek GNU. Jadi, harusnya nama Linux ini ditambahi nama GNU-nya. Jadi GNU/Linux. Tapi, intinya kan Linux ini buatan dari Kernel om Linus Torvalds. Jadi orang-orang lebih sering menyebut Linux daripada GNU/Linux.


Nah, sekian artikel saya mengenai Pengertian GNU. Mohon maaf dan mohon diralat apabila terdapat kesalahan apapun itu pada artikel saya kali ini. Saya kan, juga seorang yang masih belajar. Hehehehehehe....
Sekian.. ^^v

BAGIKAN HALAMAN INI DI :

0 Response to "Pengertian GNU"

Posting Komentar

close