Pengertian CAPTCHA



Pengertian CAPTCHA. Hai kakak-kakak semua! Seperti biasa, karena banyak kesibukan jadinya saya sangat jarang sekali posting di blog. Maaf yah, hehe. Kali ini saya akan share mengenai Pengertian CAPTCHA. Bagi kakak-kakak yang doyan nongkrong di KASKUS (http://www.kaskus.us), mungkin udah gak asing lagi dengan yang namanya CAPTCHA  dan mungkin juga kakak-kakak sudah tahu mengenai Pengertian CAPTCHA ini. Okay, tanpa banyak basa-basi lagi, silahkan membaca mengenai Pengertian CAPTCHA versi saya :D


CAPTCHA



Kakak-kakak tahu gak mengenai CAPTCHA? CAPTCHA adalah suatu bentuk uji tantangan-tanggapan (challange-response test) yang digunakan dalam perkomputeran untuk memastikan bahwa jawaban tidak dihasilkan oleh suatu komputer. Proses ini biasanya melibatkan suatu komputer (server) yang meminta seorang pengguna untuk menyelesaikan suatu uji sederhana yang dapat dihasilkan dan dinilai oleh komputer tersebut. Karena komputer lain tidak dapat memecahkan CAPTCHA, pengguna manapun yang dapat memberikan jawaban yang benar akan dianggap sebagai manusia. (sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/CAPTCHA )

Masih bingung? Jadi begini, inti fungsi dari CAPTCHA ini adalah agar server (website) yang dikunjungi ini hanya diperbolehkan untuk manusia, bukan robot atau sebuah komputer yang telah diprogram untuk melakukan suatu hal pada website atau server itu (seperti isi komentar ataupun klik otomatis pada sebuah iklan).


Contoh CAPTCHA


Misalnya saja ketika kakak akan memposting sebuah komentar atau membuat sebuah Thread baru di KASKUS. Pasti akan muncul sebuah tulisan yang sulit untuk dibaca. Nah, tulisan itu berguna untuk memastikan apakah komputer yang ingin memposting komentar atau thread di KASKUS ini dikendalikan oleh MANUSIA atau ROBOT/BOT (komputer yang telah diprogram). Biasanya BOT dipergunakan di KASKUS untuk mengejar jumlah postingan komentar atau thread agar menjadi ISO (bisa memberi reputasi terhadap seorang anggota).



karakter aneh pada CAPTCHA


CAPTCHA ada bermacam-macam jenisnya. Dari huruf biasa, hingga campuran karakter-karakter/simbol aneh yang mungkin tidak terdapat dalam keyboard. Untuk inilah CAPTCHA dibuat. Karena biasaya BOT/ROBOT tidak bisa mengisikan tulisan CAPTCHA yang harus diisi. Yaah, meskipun banyak cara agar BOT dapat menerobos sistim CAPTCHA ini. Silahkan anda search di Google mengenai BOT KASKUS.


Untuk mengetahui kata-kata pada CAPTCHA ini, anda harus teliti. Karena apabila salah mengetikkan satu karakter saja, maka sistem server/website akan menyuruh anda memasukkan kata-kata CAPTCHA yang baru.
Okeh, sekian artikel kali ini mengenai Pengertian CAPTCHA versi saya. Mohon maaf dengan segala kekurangan yang ada pada artikel maupun pada blog ini. Masukan dari para pembaca akan sangat membantu dalam pembangunan blog ini. Terima Kasih! :)

BAGIKAN HALAMAN INI DI :

0 Response to "Pengertian CAPTCHA"

Posting Komentar

close