Pengertian Jaringan Computer Serta Fungsinya



Pengertian Jaringan Computer Serta Fungsinya - Di zaman yang modern ini, kehidupan manusia pasti tidak akan lepas dari yang namanya komputer. Hampir semua yang anda butuhkan sangat erat kaitannya dengan benda yang memiliki layar ini. Baik pelajar atau mahasiswa hingga orang dewasa pasti membutuhkan komputer. Dengan teknologi yang semakin canggih dan maju membuat komputer semakin berkembang dengan berbagai fasilitas yang pastinya membuat anda merasa dimanjakan. Anda bisa mengakses semua hal yang anda butuhkan melalui jaringan komputer. 

Pengertian Jaringan Computer Serta Fungsinya


Namun, apa pengertian jaringan computer itu sendiri? Jaringan komputer merupakan suatu sistem operasi yang bisa menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lainnya baik dengan menggunakan kabel atau pun tidak. Dimana setiap komputer akan melakukan komunikasi dan bertukar informasi maupun data yang dibutuhkan. Selain itu, di dalam sebuah jaringan terdapat perangkat komputer yang bertugas sebagai serverdan juga klient. Masing-masing tentu memiliki tugas yang berbeda.

Dari pengertian jaringan computer tersebut dapat disimpulkan jika sebuah komputerdapat berkomunikasi dengan komputer lainnya meski memiliki jarak yang jauh. Selain itu, ada dua jenis perangkat yang terdapat di jaringan komputer yaitu serverdan client. Keduanya memiliki tugas yang berbeda namun memiliki fungsi yang sama. Ada beberapa fungsi dari jaringan komputer yang bisa anda ketahui. Untuk lebih jelasnya berikut ini beberapa fungsi dari sebuah jaringan komputer:
  1. Menghemat waktu penyebaran informasi sehingga selalu up to date
  2. Membuat fungsi komputer menjadi lebih fleksibel untuk digunakan
  3. Menghindari adanya ketergantungan terhadap satu komputer karena anda bisa mengakses komputer yang lain
  4. Komunikasi menjadi lebih lancar dan mudah
Dengan pengertian jaringan computer dan fungsinya di atas, anda tentu akan merasa dimudahkan dalam melakukan berbagai kegiatan. Tidak heran jika banyak orang yang menggunakan jaringan komputer sebagai solusi untuk melakukan berbagai usaha. Kemudahan dalam mengakses informasi dan data  akan terasa lebih efisien dengan adanya jaringan komputer. Setiap usaha yang anda lakukan pun akan berjalan dengan lancar. Hal inilah yang membuat sebagian besar orang tidak bisa lepas dari yang namanya jaringan Komputer.

BAGIKAN HALAMAN INI DI :

0 Response to "Pengertian Jaringan Computer Serta Fungsinya"

Posting Komentar

close