Pengertian Jaringan Komputer Lengkap



Pengertian Jaringan Komputer untuk tiap orang itu berbeda. Ada yang mengatakan bahwa Pengertian Jaringan Komputer adalah sekumpulan komputer yang saling terhubung sehingga membentuk suatu sistem, ada juga yang mengatakan bahwa Pengertian Jaringan Komputer adalah komputer-komputer yang bisa saling terhubung satu sama lain dan dapat saling berbagi satu sama lain. Mungkin anda memiliki Pengertian Jaringan Komputer dengan versi anda sendiri. Tapi dari semua sumber yang ada tentang Pengertian Jaringan Komputer, tentu kita dapat mengambil suatu kesimpulan tentang Pengertian Jaringan Komputer



 jaringan komputer


Menurut sumber yang saya dapatkan dari Wikipedia bahwa Pengertian Jaringan Komputer adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer, software, dan perangkat yang lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama.



Selanjutnya sumber yang saya dapatkan dari buku Cisco Networking First Step karya Wendell Odom bahwa Pengertian Jaringan Komputer adalah kombinasi dari hardware, software, dan pengkabelan (cabling), yang secara bersama-sama memungkinkan berbagai peranti komputasi untuk berkomunikasi satu sama lain.



Dari sumber-sumber yang saya dapatkan diatas, dapat saya simpulkan bahwa Pengertian Jaringan Komputer adalah seperangkat alat komputasi dan berbagai perangkat jaringan beserta software-nya  yang saling berhubungan satu sama lain kemudian membentuk suatu sistem dan dengan tujuan yang sama. Tujuan-tujuan tersebut seperti suatu Jaringan Komputer yang dibuat untuk berbagi pakai file-file yang ada pada Jaringan Komputer tersebut, dengan mentransmisikan data menggunakan media kabel maupun nirkabel(wireless).



jaringan nirkabel



Tentu dari kesimpulan saya diatas, mungkin masih terasa kurang menurut anda. Intinya, Pengertian Jaringan Komputer adalah berbagai perangkat komputer yang saling dihubungkan satu sama lain agar dapat saling berkomunikasi. Karena alat-alat elektronik atau komputer tentu saja memiliki bahasa tersendiri agar mereka bisa saling terhubung dan berkomunikasi satu sama lain, yaitu menggunakan sinyal-sinyal listrik yang ditransmisikan lewat kabel ataupun nirkabel(tanpa kabel atau wireless). Pada sistem bilangan, sinyal-sinyal listrik ini merupakan bilangan biner atau binary digit (yaitu merupakan kombinasi angka 1 dan 0).


Contoh-contoh dari pengembangan suatu Jaringan Komputer adalah terciptanya suatu Jenis-jenis Jaringan, Tipe Jaringan, Topologi Jaringan.


Jenis-Jenis Jaringan

Jenis-jenis jaringan menurut letak geografisnya, dibagi menjadi 4, yaitu :

  1. Local Area Network (LAN)
  2. Metropolitan Area Network (MAN)
  3. Wide Area Network (WAN)
  4. Internet

Jaringan Internet

Tipe Jaringan

Terdapat 2 tipe jaringan yang umum digunakan, yaitu Client-Server dan Peer-to-Peer.

  • Client-Server
Client-Server merupakan tipe jaringan yang menggunakan sebuah komputer sebagai server atau pelayan dan komputer yang lainnya sebagai client atau yang ingin dilayani.

clint-server
  • Peer-to-Peer
Peer-to-Peer merupakan tipe jaringan yang server-nya bisa menjadi komputer workstation (non-dedicated server). Pada jaringan ini, tiap komputer dan perangkat jaringan lainnya terhubung langsung ke tiap-tiap komputer yang terhubung pada Jaringan Komputer.


  • Topologi Jaringan
 Topologi jaringan adalah cara untuk menghubungkan perangkat-perangkat jaringan untuk membentuk suatu sistem jaringan tertentu. Contoh dari topologi jaringan adalah :
  1. Topologi Bus
  2. Topologi Star
  3. Topologi Ring
  4. Topologi Mesh
  5. Topologi Tree
 topologi star


 Untuk pembahasan yang lebih mendetail dari Pengertian Jaringan diatas, akan saya bahas pada artikel saya selanjutnya, atau anda bisa men-download presentasi yang berisi pembahasan mengenai Pengertian Jaringan Komputer lebih mendalam.

BAGIKAN HALAMAN INI DI :

0 Response to "Pengertian Jaringan Komputer Lengkap"

Posting Komentar

close