Pengertian Server dan Client



Pengertian Server dan Client - Tentu sudah tidak asing nama server maupun client, namun apa pengertian jelasnya?. Untuk itu mari simak penjelasannya.

Pengertian Server dan Client

Pengertian Server

Server, yang artinya Pelayan/ Penyedia/ yang melayani. Adalah komputer yang melayani permintaan dari komputer client. Jadi, sebuah komputer client yang me-request atau meminta layanan ke komputer server, akan disediakan atau dilayani oleh komputer server. Server itu ada bermacam-macam. Mulai dari Web Server, Komputer Server, Server Aplikasi, dan lain-lain.
Intinya, server ini digunakan untuk melayani para client.

Pengertian Client

Client, yang artinya Pelanggan atau Klien. Adalah komputer yang bisa dibilang sebuah komputer yang harus dilayani. Segala keinginan oleh komputer Client, akan dilayani oleh komputer Server.


Jadi, Server dan Client ini terhubung dalam sebuah jaringan yang terkait satu sama lain untuk saling berhubungan.


Masih bingung juga? Okeh, akan saya jelaskan secara logika. 
Misal anda internet-an di warnet. Di warnet, biasanya kan ada 1 komputer yang bertindak sebagai operator atau pelayan (Server) untuk komputer-komputer yang lain (Client). Jadi, apabila anda ingin me-request suatu halaman website, anda harus meminta dulu ke komputer server. Setelah permintaan anda direspon komputer server, komputer server akan meminta halaman yang anda minta ke Web Server halaman yang anda minta tersebut. Kemudian, setelah permintaan komputer server direspon oleh Web Server, Web Server akan mengirim permintaan Komputer Server, dan akhirnya Komputer Server memberikan halaman website yang anda minta ke komputer anda/ komputer client.

BAGIKAN HALAMAN INI DI :

0 Response to "Pengertian Server dan Client"

Posting Komentar

close