Pengertian Repository



Pengertian Repository ini mungin sudah gak asing lagi di telinga-telinga para Linuxer. Hehehehe....
Nah, mungkin bagi anda yang belum mengerti tentang Pengertian Repository, akan saya beritahu pada artikel ini. Ada baiknya ketika membaca artikel saya mengenai Pengertian Repository, anda googling lagi untuk mengetahui Pengertian Repository atau Arti Repository dengan berbagai sumber yang ada dan juga dengan key word selain Pengertian Repository.


Okeh, Let´s begin... :)


Repository, adalah sekumpulan paket-paket aplikasi atau program untuk sebuah sistem operasi (red : Linux) yang digunakan untuk menunjang kinerja dari sebuah aplikasi, program, dan sebagainya yang didapatkan dari Server Mirror website paket-paket tersebut. Bisa dibilang Repository ini adalah paket-paket khusus untuk sebuah sistem operasi yang kemudian paket-paket tersebut di instal untuk mendapatkan kinerja lebih baik dari sebuah sistem operasi.

Pengertian Repository


Masih bingung juga? Waduh, kalau jelasin secara logika ini agak susah sih. Hehehehe...
Hmmm... Jadi begini, sebuah sistem operasi seperti Linux ini kan terdiri dari berbagai macam distro . Mulai dari yang berbasiskan .rpm; .deb; dan lain-lain. Jadi, tentu saja disediakan paket-paket khusus untuk menunjang kinerja aplikasi dan program dari sistem operasi tersebut agar tidak tercampur aduk oleh paket-paket untuk distro lain.


Contohnya seperti paket-paket (Repository) dari Mandriva tidak sama dengan paket-paket yang ada pada Ubuntu. Karena kedua extensi tersebut, tidak kompatibel satu sama lain. Maka dari itu, agar pengguna dapat dengan mudah men-download Repository, dibuatlah Mirror Repository tersebut seperti kambing.ui.ac.id, Foss ID, dan berbagai Mirror-Mirror Lokal lainnya.


Nah, jadi dapat diambil kesimpulan bahwa Repository itu adalah paket-paket yang dikhususkan dan disediakan untuk di instal oleh berbagai macam Distro Linux.

Okeh, sekian dari saya. Kalau belum mengerti silahkan cari di mbah google dengan Keyword selain Pengertian Repository. Hehehehehe... :)

(Nb : Yeah, seperti pada postingan artikel-artikel saya yang lain. Jika terdapat kesalahan mohon diralat dan maaf jika terdapat salah-salah kata. ^^)

BAGIKAN HALAMAN INI DI :

0 Response to "Pengertian Repository"

Posting Komentar

close