Perangkat Lunak Dalam Sistem Informasi



Perangkat Lunak Dalam Sistem Informasi - Perangkat keras perlu diimbangi dengan perangkat lunak. perangkat kerastidak dapat berfungsi tanpa adanya perangkat lunak, begitu pula sebaliknya. kedua perangkat tersebut harus saling berkaitan agar komputer dapat berfungsi dengan baik. perkembangan teknologi perangkat keras terus diimbangi dengan perangkat lunaknya. kemampuan komputer sangat berkaitan dengan perangkat lnak yang benar-benar mendukung perangkat kerasnya. perangkat lunak atau software terbagi menjadi 4 macam, yaitu sistem operasi, program aplikasi, bahasa pemrograman dan program bantu.

Perangkat Lunak Dalam Sistem Informasi

Sistem operasi merupakan program awal agar komputer dapat digunakan. Fungsi sistem operasi adalah sebagai penghubung antara manusia dengan perangkat keras dan perangkat lunak yang akan digunakan. sistem operasi adalah program awal yang mengendalikan sistem kerja komputer yang mendasar yaitu mengatur kerja input, proses, dan output termasuk mengatur memori dan jadwal kerja prosesor. beberapa conoh sistem operasi adalah sebagai berikut :
1. PC-DOS (Personal omputer Disk operating system)
2. MS-DOS
3. Microsoft windows
4. OS/2
5. OS/400
6. Linux
7. Unix

Program aplikasi adalah software yang dirancang untuk kebutuhan-kebutuhan tertentu. berikut ini contohcontoh program aplikasi.
  1. Word Processing merupakan aplikasi yang berorientasi pada pengolah kata, contohnya wordsyar, word perfect, ChiWriter, dan Microsoft Word
  2. Spreadsheet merupakan aplikasi yang berorentasi pada perangkat olahan angka, contohnya Lotus, supercalk, Quarto, symphony dan microsoft excel
  3. Database merupakan aplikasi yang berorientasi pada pengolahan data, contohnya DBase III+, fOX bASE, fOXPRO,  dan microsoft access.
  4. Desktop Publishing merupakan aplikasi yang berorientasi pada pengolahan gambar (desan grafis) contohnya ventura, page maker, corel draw, dan photoshop.
  5. CAD (Computer Aid Design) merupakan aplikasi yang berorientasi pada pengolahan rancangan kontruksi mesin ataupun bangunan.

Bahasa Pemrograman

Bahasa Pemrograman
Bahasa pemrograman adalah software yang berfungsi untuk membuat suatu aplikasi dengan menggunakan bahasa-bahasa sesuai aturan prosedur tertentu. bahasa yang dibuat ini kan diterjemahkan kedalam bahasa mesin agar dapat dimengerti oleh komputer. ada tiga tingkat bahasa pemrograman, berikut ini uraiannya :

- bahasa tingkat rendahbahasa ini disebut juga dengan bahasa mesin. pengkodean bahasa tingkat ini menggunakan kode angka 0 dan 1. software yang termasuk bahasa mesin ini adalah machine language, assembly language dan RPG (repeat program general)

- bahasa tingkat tinggibahasa ini termasuk dalam bahasa pemrograman yang mudah untuk dipelajari oleh pengguna komputer, contohnya BASIC, COBOL, FORTRAN, dan PASCAL.

- bahasa generasi keempatbahasa pemrograman 4GL (four generation language) merupakan bahasa yang berorientasi pada objek yang dikenal dengan objek oriented programming (OOP). software yang termasuk dalam bahasa 4GL adalah Visual Basic, Delphi dan Visual C++

Program Bantusoftware ini berfungsi sebagai aplikasi pembantu dalam kegiatan yang berhubungan dengan komputer misalnya memformat disket, mengcopy data, mengompres file dan lain-lain. yang termasuk dalam software ini diantaranya adalah sebaga berikut:
a. PCTools under Dos
b. Norton Utility
c. WinZip
d. Norton Ghost
e. AntiVirus

BAGIKAN HALAMAN INI DI :

0 Response to "Perangkat Lunak Dalam Sistem Informasi"

Posting Komentar

close