Pengertian Hacker



Pengertian Hacker untuk tiap orang  berbeda-beda.Banyak orang yang menganggap bahwa hacker itu adalah orang yang jahat. Tetapi, tidak semua hacker seperti itu. Orang yang membuat sistem operasi, software, hardware, itu juga termasuk seorang hacker. Orang-orang yang mengutak-atik komputer juga bisa dibilang hacker. Jadi, hacker itu apa?

Menurut saya, hacker itu adalah orang yang mempelajari ilmu komputer secara mendalam, menggunakan dan mengutak-atik suato software maupun hardware komputer serta menerapkannya secara nyata. Dan memberikan ilmu komputer tersebut kepada orang lain.

Pengertian Hacker


Seorang hacker tidaklah harus orang yang ahli dalam komputer. Hakcer yang benar-benar seorang hacker adalah orang yang terus-menerus mencari suatu jawaban yang belum dia mengerti, terus menulusurinya dan tidak merasa puas akan jawaban-jawaban yang dia ketahui.

Hacker itu tidak sepenuhnya jahat. Para hacker yang jahat itu disebut Cracker (Criminal Hacker). Cracker selalu merugikan orang lain. Bahkan, para cracker bisa menjadi incaran polisi negara karena perbuatannya yang melanggar hukum secara berat. Ada juga yang menyebut dirinya hacker, padahal tidak demikian. Oraeng ini disebut Script Kiddies.

Hacker, Cracker, dan Script Kiddies memang hampir mirip. Tetapi, setidaknya kita tahu, bahwa Hacker akan lebih dihormati daripada Cracker ataupun Script Kiddies.


Meskipun saya bukan seorang hacker yang handal, saya akan memberitahukan teori untuk menjadi seorang hacker (tolong ralat jika ada yang kurang tepat^^) :


Yakinlah Bahwa Anda Ingin Benar-Benar Menjadi Seorang Hacker

Banyak orang yang hanya sekedar ingin ikut-ikut-an menjadi seorang hacker karena popularitasnya yang terkenal. Ada juga yang dikarenakan menonton film yang berkaitan dengan hacker. Itu semua salah. Untuk menjadi seorang hacker, anda harus yakin dan bersungguh-sungguh pada diri anda untuk menjadi seorang hacker. Tidak peduli apa kata orang lain, yang penting tekad dan semangat yang kuat untuk menjadi seorang hacker karena rasa yang tumbuh pada diri anda.


Belajar Tentang Ilmu Komputer Secara Mendalam

Tidak usah saya terangkan. Karena nantinya anda akan mengerti sendiri :)


Belajar Mulai Dari Dasar

 Anda ingin menjadi hacker. Lalu anda ingin langsung bisa membobol suatu sistem keamanan komputer, membuat virus, dan lain-lain. Jangan tergesa-gesa untuk itu. Anda harus mempelajarinya secara perlahan
(step by step). Karena dasar adalah hal yang terpenting.


Nah, itu adalah teorinya. Berikut adalah langkah-langkah awalnya (sekali lagi tolong di ralat bila saya salah ^^) :


Belajar Menggunakan Sistem Operasi (OS) Open-Source

Jangan menggunakan OS Komersial seperti Windows. Karena banyak kelemahan yang terdapat di dalamnya. Gunakanlah OS Linux yang bersifat Open-Source. Kenapa menggunakan OS Open-Source ? Banyak sekali kegunaan dari OS Open-Source yang tidak bisa saya jabarkan semuanya disini. Nantinya anda akan tahu sendiri kegunaan OS Open-Source ini.

 Belajar Networking/Jaringan

Belajar tentang jaringan komputer ini penting. Karena nantinya kita pasti  akan berhubungan dengan internet. Konsep TCP/IP, topologi jaringan, dan masih banyak lagi yang akan kamu pelajari.

Belajar Bahasa Pemrograman

 Bahasa Pemrograman komputer harus kamu pelajari dan kuasai. Kamu tidak akan menjadi seorang user yang hanya menggunakan aplikasi-aplikasi saja. Nantinya kamu akan membuat suatu program atau aplikasi dari bahasa pemrograman yang sudah kamu kuasai seperti bahasa C# (dibaca : C Sharp), Python, C++, dan lain-lain. Untuk langkah awal, sebaiknya mempelajari Python dulu.


Nah, ini adalah langkah awal yang harus anda pelajari untuk menjadi seorang hacker. Sebenarnya masih banyak lagi yang harus anda pelajari. Tapi, ini adalah langkah awal untuk mempelajari semua. Tidak usah tergesa-gesa untuk mempelajarinya karena semua itu perlu waktu. Karena kemampuan tiap orang itu berbeda, jadi saya tidak bisa memastikan kapan anda bisa untuk menjadi seorang hacker yang handal.

BAGIKAN HALAMAN INI DI :

0 Response to "Pengertian Hacker"

Posting Komentar

close