Pengertian Defrag



Defrag, adalah suatu proses merapikan data pada harddisk untuk mempercepat pemrosesan data dan meng-optimasi kecepatan kerja komputer. Bisa juga dibilang proses merapikan data untuk mengoptimasi kinerja pada harddisk.

Pengertian Defrag


Logikanya begini nih :
Ibarat di perpustakaan (Harddisk), pasti ada banyak buku-buku di dalamnya (data-data). Ketika anda masuk dan membaca buku disana, kadangkala buku yang kita ambil itu terbalik, tempat untuk mengembalikan buku tertukar, halamannya semrawut, bukunya berantakan, ada juga buku yang sobek.

Nah, jadi kita harus merapikan (Defrag) buku-buku tersebut agar lebih mudah dalam mencari buku-buku yang ingin dibaca.


Proses Defrag ini, biasanya dilakukan pada sistem operasi Windows agar meng-optimalkan kinerja pada harddisk. Memang, para pengguna Windows harus rutin men-Defrag harddisk mereka agar kinerja pada harddisk tidak lemot.


Tapi, setahu saya di Linux itu tidak ada proses Defrag seperti pada Windows (saya menggunakan Linux ¨Mandriva¨ dan tidak pernah  bertemu program untuk men-Defrag harddisk). Kalau pada distro-distro Linux yang lain saya kurang tahu ya. Hehehehehehe... Karena struktur file pada Linux ini bersifat Hierarki dan tersusun rapi, sepertinya tidak ada program atau aplikasi untuk men-Defrag harddisk (Mohon diralat jika pendapat saya ini salah).

BAGIKAN HALAMAN INI DI :

0 Response to "Pengertian Defrag"

Posting Komentar

close