Macam macam hardware untuk jaringan LAN



Pengertian LAN

Jaringan LAN adalah suatu media transmisi bersama rangkaian hardware dan software untuk meginterfacekan perangkat menjadi media serta mengatur akses menuju media tersebut dengan tepat. Topologi yang sering menggunakan jaringan LAN yaitu Topologi Bus, Cincin, tree, dan topologi bintang. 

Jaringan LAN merupakan jaringan milik pribadi yang biasanya sering digunakan di dalam gedung, sekolah, kampus yang memiliki ukuran sampai beberapa kilo meter.
Kepanjangan LAN adalah Local Area Network. Ada macam macam hardware yang digunakan jaringan LAN untuk menyambungkan satu device dan device lainnya, salah satunya LAN CARD dan KABEL, kabel sendiri ada berbagai macamnya seperti UTP, STP, dan lain lain.

Hardware yang di butuhkan untuk membangun jaringan LAN 

Kartu jaringan (LAN CARD)


Kartu jaringan adalah seperangkat papan sirkuit yang di pasangkan pada motherboard sebuah PC yang berfungsi untuk menghubungkan kompter dengan medium jaringan. Pada sebuah laptop atau notebook, kartu ini biasa disebut dengan PCMCIA card. 

Kabel STP

Kabel STP terdiri atas 4 pasang kabel terpilin yang di bungkus dan mempunyai kecepatan transfer 10 � 100 Mbps dengan panjang maksimum sekitar 100m. Konektor yang digunakan biasanya adalah RJ 45

Kabel UTP

Sama seperti kabel STP hanya saja kabel UTP tidak memiliki bungkus pada kabel terpilih. Kabel jenis ini paling sering digunakan untuk membuat sebuah LAN.

Kabel koaksial

Kabel koaksial terdiri dari sebuah kabel atau kawat inti yang diselubungi oleh kabel seperti jala. Medium jenis ini menggunakan konektor BNC.
Kabel ini mempunyai beberapa karakteristik sebagai berikut
  • Kecepetan transfer data maksimal 10 Mbps.
  • Sering digunakan untuk Thick Ethernet, Thin Ethernet, dan ARCnet.
  • Digunakan sebagai topologi bus.
  • Panjang maksimum sekitar 500m.

Kabel Fiber optik


Kabel fiber optik mempunyai kelebihan dibandingkan dengan kabel yang lain yaitu kecepatan transfer data lebih dari 100Mbps dan panjang maksimum kabel lebih dari 2000m. tapi kabel jenis ini harganya relatif mahal. 

Sekian dari penjelasan tentang macam macam hardware untuk jaringan LAN. 

BAGIKAN HALAMAN INI DI :

0 Response to "Macam macam hardware untuk jaringan LAN "

Posting Komentar

close