Heading HTML



Setelah pada sebelumnya saya telah memberikan tutorial pengenalan Atribut-atribut HTML pada kali ini saya akan melanjutkan tutorial dengan pembahasan Heading HTML. Dalam tutorial kali ini Sobat akan mempelajari lebih spesifik mengenai Heading HTML dan dan perihal yang bersangkutan dengan Heading HTML, gunanya Heading HTML adalah sebagai struktur informasi yang menjelaskan isi pada halaman web sobat agar bisa terindeks pada mesin pencar seperti (google, bing, yahoo dan sebagainya..). Sebuah heding di definisikan oleh tag <h1> sampai dengan tag <h6>, jenis elemen heading pun dibagi beberapa golongan yang dimaksudkan golongan disini adalah ada elemen heading yang didefinisikan sebagai paling penting yaitu <h1> dan juga yang didefinisikan sebagai yang paling tidak penting yaitu<h6>. Sebagai contoh:
<!DOCTYPE html>
<html>
<body>

<h1>Headingnya Pustut 1</h1>
<h2>Headingnya Pustut 2</h2>
<h3>Headingnya Pustut 3</h3>
<h4>Headingnya Pustut 4</h4>
<h5>Headingnya Pustut 5</h5>
<h6>Headingnya Pustut 6</h6>

</body>
</html>
Hasil diatas:

silahkan sobat dapat mencobanya sendiri.
Catatan: Pada tampilan browser akan secara otomatis menambahkan ruang kosong pada sebelum dan sesudah Heading.

Heading Merupakan Hal yang Penting

Seperti yang yang dijelaskan diawal Heading HTML merupakan hal yang penting karena Heading akan di struktur indeks kan pada mesin pencari dan berikut isi halaman web sobat. Maka dari itu pergunakan lah Heading HTML sebagai judul halaman web sobat saja, penggunaan Heading HTML untuk membuat teks besar ataupun tebal itu tidak dibolehkan. Hal penting lainnya dalam penggunaan Heading adalah sebagai fungsi menunjukkan sebbuah struktur dokumen, seperti tag <h1> ini mendefinisikan sebagai judul UTAMA, lalu diikuti oleh tag <h2>, maka pada pendefinisian judul pada tag <h3> dianggap kurang penting berdasarkan "fungsinya", dan seterusnya...

Aturan Garis Horizontal pada HTML

Untuk membuat garis horizontal di HTML maka gunakan lah tag <hr/>, tag <hr/> ini akan menghasilkan sebuah garis horizontal pada halaman HTML. sebagai contoh tag <hr/> yang saya buat:
<!DOCTYPE html>
<html>
<body>

<p>Tag hr Akan Menghasilkan Garis Horizontal:</p>
<hr/>
<p>Paragraphnya pustut.</p>
<hr/>
<p>Paragraphnya pustut.</p>
<hr/>
<p>Paragraphnya pustut.</p>
<hr/>
<p>Paragraphnya pustut.</p>
<hr/>
<p>Paragraphnya pustut.</p>
<hr/>

</body>
</html>
Hasil diatas:

silahkan sobat dapat mencobanya sendiri.

Elemen HTML "<head>"

Elemen HTML <head> ini bukan membicarakan tentang heading yang saya jelaskan diatas, namun tag <head> ini kepala dari file dokumen, elemen HTML <head> berisikian tentang data meta namun data meta tidak akan ditampilkan pada browser,
penempatan elemen HTML <head> diantara pada tag <html> dan tag <body>. Sebagai contoh:
<!DOCTYPE html>
<html>

<head>
<title>HTML pertama pustut</title>
<meta charset="UTF-8"/>
</head>

<body>

<p>Elemen HTML "head" berisikan data meta.</p>

<p>Data meta merupakan informasi tentang dokumen HTML.</p>

</body>
</html>
Hasil diatas:

silahkan sobat dapat mencobanya sendiri.
Catatan: Meta data yang berarti data yang mendeskripsikan isi tentang file dokumen HTML.

Elemen HTML "<title>"

Elemen <title> mendefinisikan judul sebuah dokumen namun judul tidak akan ditampilkan dalam dokumen HTML tapi elemen <title> hanya di tampilkan pada tab browser.
Sebagai contoh lihat gambar berikut:

Elemen HTML "<meta/>"

Elemen <meta/> seringkali disebut meta data, gunanya meta data ini untuk menetapkan karakter set dan informasi lainnya mengenai isi dokumen HTML. Sobat akan mengetahui selengkapnya mengenai elemen Meta pada bahasan tutorial style HTML pada bahasan tersebut nantinya sobat akan menemukan lebih banyak elemen Meta, sedikit gambaran mengenai style elemen:
  • HTML elemen <style> dipergunakan dalam mendefinisikan mengenai penggunaan internal style sheet(CSS)
  • HTML elemen <link/> dipergunakan dalam mendefinisikan mengenai penggunaan eksternal style sheet(CSS)


TIPS HTML (Bagaimana Cara Melihat source code HTML)


Mungkin sobat pernah bertanya-tanya ketika sobat melihat sebuah halaman web "Bagaimana Halaman Web itu dibuat, dan seperti apa isi sebenanya dalam halaman web tersebut??" Agar rasa ingin tahu sobat dapat terjawab, sobat hanya cukup tekan CTRL+U pada keyboard atau cara lainnya klik kanan pada halaman web dan pilih (View Page Source "untuk Chrome dan Mozila Firefox"), atau (View Source "untuk Internet Eksplorer") pada browser jenis lain pun kurang lebih akan serupa seperti itu. Jika sobat sudah Mengklik "View Page Source" nya maka akan membuka Jendele yang berisikan kode-kode HTML halaman web tersebut. Sobat akan lebih banyak lagi belajar dan mengenal mengenai tag HTML dan atribut HTML pada bahasan tutorial berikutnya.

Gimana nih sobat sudah mengerti bukan tentang Heading HTML? mudah-mudahan tutorial ini dapat dimengerti oleh sobat dan bermanfaat tentunya. Kalo gitu sekian untuk tutorial Heading HTML, kita akan lanjutkan kembali tutorial HTML di tutorial berikutnya :)

BAGIKAN HALAMAN INI DI :

0 Response to "Heading HTML"

Posting Komentar

close