Tips Merawat Laptop Agar Awet



Tips Merawat Laptop Agar Awet – Laptop merupakan perangkat elektronik yang sangat sensitif. Sedikit saja tersenggol atau jatuh menyebabkan kerusakan fatal. Anda juga perlu mengetahui bahwa hardware laptop lebih mahal daripada hardware PC biasa. Oleh sebab itu Anda perlu menjaganya agar tetap sehat dan awet baik dari segi hardware dan software.

Tips Merawat Laptop Agar Awet


Berikut ini kami berikan tips merawat laptop agar dapat digunakan dengan awet.

Menjaga kebersihan laptop dari debu

Usahakan laptop terhindar dari debu, setiap habis dipake usahakan agar Anda  membersihkan dengan lap atau dengan kain putih bersih agar bebas debu dan kuman penyakit. Anda juga dapat menggunakan layar dan pelindung keypad.

Jauhkan laptop getaran elektromagnetik

Jauhkan laptop dari getaran elektromagnetik, misalnya alat pengeras suara, loudspeaker, mesin, handphone dan sumber getaran lainnya. Getaran gelombang elektromagnetik akan berpengaruh pada LCD laptop tersebut.

Hindari download dan install software sembarangan

Karena koneksi internet cepat, biasanya Anda langsung mendownload banyak software dan tanpa disadari pada software tersebut terdapat malware yang mengancam laptop Anda, misalnya ketika Anda membuka browser, halaman pertama muncul halaman web yang tidak kita inginkan dan mengganggu. Untuk menghindari hal tersebut, disamping menghindari download software sembarangan adalah dengan men-scan terlebih dahulu software yang ingin diinstall.

Selain itu, hindari menginstall software yang tidak Anda gunakan dan sebaiknya Anda buang saja software yang tidak digunakan, agar kerja laptop Anda semakin ringan.


Jangan meletakkan laptop di atas kasur ketika menyala

Banyak kejadian yang dialami oleh pengguna laptop, ketika meletakkan laptop di atas kasur ketika menyala, yaitu adaptornya langsung rusak. Sebaiknya gunakan laptop di meja kerja, atau meja yang memiliki alas yang keras agar panas laptop tidak berputar di bawah laptop saja.


Rawatlah baterai laptop secara teratur

Jika Anda memakai laptop untuk waktu yang lama sebaiknya Anda isi penuh terlebih dahulu baterainya. Ketika mengisi baterai sebaiknya Anda tidak menyalakan laptop. Jika sudah penuh jangan lupa untuk mencabut baterainya. 

Jaga sirkulasi udara, karena ini sangat penting apabila tidak terjadi sirkulasi udara yang lancar, maka dapat menyebabkan over-heating. Jika laptop tidak dipakai dalam jangka waktu lama sebaiknya baterai dilepas terlebih dahulu

Hindari menaruh benda di atas laptop

Jika laptop sedang tidak dinyalakan sebaiknya laptop tidak dibebani dengan benda-benda yang tidak perlu apalagi berat. Hal ini agar LCD laptop Anda tidak rusak.

Jangan memindahkan laptop saat masih menyala

Laptop yang masih menyala atau belum di shutdown /sleep berarti harddisknya juga sedang bekerja. Jika digerakkan maka dapat menyebabkan head harddisk menggores cylinder, sehingga bisa berakibat fatal.

Laptop bermasalah, serahkan ke tukang servis

Jika Anda sedikit paham mengenai laptop Anda dan ketika sedang bermasalah sebaiknya segera serahkan pada tukang servis dan jangan mencoba untuk memperbaiki sendiri. Sedikit kesalahan pada perbaikan, maka akan berakibat fatal akibatnya.

BAGIKAN HALAMAN INI DI :

0 Response to "Tips Merawat Laptop Agar Awet"

Posting Komentar

close