Tips Mendeteksi dan Memonitor Suhu CPU dengan Core Temp



Tips Mendeteksi dan Memonitor Suhu CPU dengan Core Temp - Pada waktu menggunakan komputer, kita mungkin mengamati bahwa setelah menggunakan terlalu lama, maka akan terjadi kenaikan suhu komponen dasar, dimana sistem menghasilkan panas yang cukup.

Hampir semua microchip pada dasarnya terbuat dari silikon (Si) dan germanium (Ge). Kedua elemen tersebut memiliki rentang suhu operasi sampai dengan 150 derajat celcius. Jika suhu sistem Anda telah mencapai kisaran ini, kemungkinan akan terjadi kegagalan sistem dan dapat mempengaruhi sistem secara tiba-tiba.

Untuk itu kita membutuhkan sebuah software dan kita bisa menggunakan Core Temp. Core Temp dirancang untuk mengukur dan menampilkan suhu sistem. Tool ini didasarkan pada kerja Digital Thermal Sensor (DTS) yang sudah ada dan tertanam pada komponen dalam sistem.

DTS mampu menampilkan informasi yang sangat sensitif dan akurat untuk pembacaan suhu dibandingkan dengan sensor thermal. Core Temp dapat bekerja pada semua prosesor terkemuka misalnya AMD dan VIA.

Tips Mendeteksi dan Memonitor Suhu CPU dengan Core Temp


Core Temp mendukung Windows XP, Vista, 7, 8, Windows Server 2003, server 2008 (R2), server 2012. Core Temp sudah diuji pada Windows 8.1 Pro dengan prosesor 64 bit Intel Core Duo dan tool bekerja dengan baik. Pembacaan suhu Core Temp sangat akurat sebagai data yang dikumpulkan langsung dari Sensor Digital Thermal (atau DTS) yang terletak di masing-masing individu core, dekat bagian terpanas. Perangkat lunak ini berisi banyak pengaturan tambahan dengan konfigurasi semua data yang diinginkan. 

Selain pembacaan suhu, Core Temp juga memberikan Anda data untuk frekuensi, beban CPU dan pemanfaatan RAM. Anda dapat menampilkan pembacaan suhu di area notifikasi taskbar.

Jika Anda memiliki Smartphone Android, Anda bia mendapatkan aplikasi Core Temp Monitor untuk memonitor suhu sistem. Yang perlu Anda lakukan adalah menginstall aplikasi dan membuat konfigurasi yang diperlukan.

Untuk mendapatkan aplikasi ini Anda dapat mendownload di www.alcpu.com/CoreTemp.

BAGIKAN HALAMAN INI DI :

0 Response to "Tips Mendeteksi dan Memonitor Suhu CPU dengan Core Temp"

Posting Komentar

close