Penyebab Kerusakan Harddisk Ekternal Yang Tidak Terbaca



Penyebab Kerusakan Harddisk Ekternal Yang Tidak Terbaca
Salah satu solusi media penyimpanan file/data bagi kebanyakan orang sekarang yaitu Harddisk Eksternal, mungkin karena kapasitas dari Harddisk yang besar bisa menjadi solusi kebanyakan orang mengapa memilih perangkat ini (Harddisk Eksternal) sebagai pilihannya dibanding dengan media penyimpanan Flashdisk atau yang Lainnya. Selain mampu menyimpan banyak File/Data baik itu file utama ataupun file BackUp atau cadangan, tentu menjadikan peran Keberadaan Harddisk Ekternal ini menjadi sangat vital bagi banyak user. Namun disamping itu Harddisk Ekternal seringkali tidak lepas dari masalah, beberapa masalah yang muncul biasanya pada harddisk ekternal, seperti :
  • Harddisk eksternal tidak dapat terbaca oleh komputer
  • Harddisk eksternal mengalami kerusakan komponen sehingga harus di scan dan diperbaiki
  • Data pada harddisk eksternal hilang
  • Kerusakan harddisk eksternal secara fisik
Dari beberapa masalah diatas yang biasa muncul pada harddisk eksternal, ada sebuah masalah yang cukup mengganggu bahkan menjadi hal yang paling menjengkelkan bagi kebanyakan pengguna, yaitu Harddisk Eksternal yang Tidak Terbaca. Sebenarnya apa sih yang bisa menyebabkan harddisk eksternal tidak terbaca? Berikut ini akan saya uraikan beberapa hal yang menjadi penyebab kerusakan Harddisk Eksternal yang tidak terbaca, Check This Out :

1. Port USB Yang Mengalami Masalah, Baik Pada Hardware Maupun Driver.

Penyebab harddisk eksternal tidak terbaca yang pertama adalah karena masalah yang berasal dari komputer atau device tempat anda akan menghubungkan harddisk eksternal tersebut. Biasanya, masalah yang muncul adalah dari driver port USB yang terinstall pada komputer anda, ataupun memang secara fisik port USB yang ada di dalam komputer anda mengalami kerusakan,seperti korosi, patah, dan lain sebagainya.

Mengapa Ini Dapat Terjadi?

Biasanya, masalah pada port USB komputer ini bisa terjadi karena port USB komputer tersebut terkena air, ataupun pemasangan port yang tidak tept, sehingga mudah mengalami kerusakan. Selain itu, dari segi software, alias drivernya, biasanya terdapat masalah pada driver port USB komputer anda, misalnya harus diupdate, atau memang proses penginstallan yang kurang tepat, sehingga menyebabkan port USB tersebut tidak dapat membaca harddisk Eksternal.

Bagaimana Mengatasinya?

Untuk megnatasinya, pertama anda harus memastikan, bahwa kerusakan memang terjadi pada driver dan juga pada port USB di komputer anda. cobalah untuk melakukan update pada driver port USB komputer anda, atau melakukan proses install ulang. Apabila belum berhasil, maka anda bisa mengganti port usb dengan yang baru.

2. Status Pada Harddisk Eksternal Yang Berada Pada Level Warning!

Fungsi harddisk eksternal, sama dengan harddisk internal memiliki level kesehatan tersenduri. Level kesehatn dari harddisk eksternal ini bisa kita deteksi dari software – software tertentu, seperti HDD Tune. Biasanya, ketika kita melakukan deteksi level kesehatan pada harddisk eksternal, dan levelnya menunjukkan peringatan atau warning, maka hal ini akan mempengaruhi kierja dari harddisk eksternal tersebut. Biasanya, level kesehatan harddisk yang sudah berada dalam tahapan level warning, akan lebih mudah tidak terbaca, dan lebih mudah mengalami kerusakan. Karena itu, anda harus sering melakukn pengecekan pada harddisk eksternal anda.

3. Format HDD Eksternal Yang Tidak Di Support Oleh Proccessor Maupun Sistem Operasi.

Penyebab berikutnya yang membuat harddisk eksternal tidak terbaca adalah karena faktor format dari harddisk eksternal yang tidak mampu dikenali oleh komputer, processor ataupun device tertentu. apabila anda menghubungkan harddisk eksternal ke dalam komputer, mungkin dapat dengan mudah terbaca, karena komputer mampu mendeteksi berbagai macam format harddisk. Namun demikian, beberapa perangkat seperti media player, televisi dan juga mini computer tidak dapat membaca beberapa format harddisk.
Jadi, apabila harddisk eksternal anda tidak terbaca, ada kemungkinan bahwa hal ini disebabkan karena sistem perangkat yang anda gunakan tidak support untuk mendeteksi keberadaan format harddisk ekternal yang anda miliki.

4. Virus Dan Malware.

Faktor penyebab berikutnya, yang membuat harddisk eksternal anda tidak terbaca adalah karena faktor virus dan juga malware. Ya, seperti kita ketahui, virus komputer saat ini sangat ganas, dan bisa mematikan sebuah sistem komputer. Salah satu sistem yang bisa dibuat rusak oleh virus ini adalah harddisk eksternal. Beberapa virus mampu membuat harddisk menjadi rusak, dan pada akhirnya harddisk tersebut malahan tidak dapat terdeteksi di komputer anda. untuk megnatasi permasalahan ini sebenarnya cukup sulit, karena membutuhkan orang yang berpengalaman dalam membasmi virus yang menyerang harddisk eksternal.

5. Kerusakan Pada Port USB Component HDD Eksternal Itu Sendiri. 

Penyebab harddisk tidak terbaca berikutnya adalah karena faktor kerusakan yang terjadi pada fisik harddisk itu sendiri. Harddisk eksternal pada dasarnya merupakan salah satu komponen yang rentan akan kerusakan, terutama dari segi bagian fisiknya. Biasanya, ada beberapa hal yang menyebabkan harddisk tersebut megnalami kerusakan, seperti :
  • Harddisk yang terjatuh dengan keras
  • Harddisk secara tiba – tiba kehilangan pasokan listrik (loss power)
  • Mencabut kabel harddisk secara paksa
  • Port mini usb atau usb component pada harddisk mengalami korosi
  • Harddisk eksternal terkena air

Masalah-masalah tersebut merupakan yang sering terjadi pada Harddisk Eksternal. Karena itu, anda harus memperlakukan harddisk eksternal dengan baik. Kerusakan sedikit saja pada harddisk eksternal akan menyebabkan harddisk eksternal anda tidak terbaca sama sekali bahkan lebih ekstrim nya dapat menyebabkan hilangnya file/data didalam nya.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua selain menambah wawasan untuk kita, bisa juga membantu kita sewaktu-waktu kita mengalami permasalahan ini, kurang lebihnya mohon maaf, Terima Kasih..

BAGIKAN HALAMAN INI DI :

0 Response to "Penyebab Kerusakan Harddisk Ekternal Yang Tidak Terbaca"

Posting Komentar

close