Pengertian dan Fungsi Hard Disk Komputer



Pengertian dan fungsi hard disk komputer kerapkali menjadi perbincangan oleh kalangan pengguna komputer. Terlebih bagi pengguna yang notabene pemula, hard disk merupakan hal yang harus diketahui. Sebab, hard disk memiliki peran vital dalam sebuah perangkat komputer. Oleh karena itulah, setidaknya kita sebagai pengguna komputer minimal harus tahu dan menguasai apa itu hard disk dan bagaimana fungsi kerjanya.

Dalam ulasan kali ini, penulis akan memberikan sedikit gambaran mengenai pengertian dan fungsi hard disk komputer. Pun, penulis juga akan menyertakan jenis-jenis hard disk komputer sebagai materi pelengkap. Secara garis besar, hard disk merupakan tempat penyimpanan data dalam komputer. Lebih lengkapnya mari kita simak ulasan singkat tentang pengertian hardisk dan fungsinya. Baca juga cara merawat baterai laptop.

pengertian dan fungsi hard disk komputer

Pengertian Hard Disk Komputer

Hard Disk adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menyimpan data komputer. Data-data yang disimpan tersebut tidak akan hilang, meski komputer dimatikan. Dengan demikian, hard disk bisa dibilang sebagai perangkat penyimpan data komputer secara permanen. Kapasitas penyimpanan data dalam hard disk juga terbilang tidak sedikit. Bahkan, untuk komputer generasi kelima mencapai 500 GB. Ya, penyimpanan dalam hard disk menggunakan satuan Byte.

Fungsi Hard Disk Komputer

Fungsi perangkat hard disk komputer adalah untuk melakukan penyimpanan data yang dihasilkan dari pemrosesan komputer. Artinya, setiap kita melakukan operasi komputer, maka detail perintah yang dilakukan akan tersimpan di memori hard disk. Di dalamnya terdapat ruang simpan utama, kemudian juga ruang simpan sekunder. Ruang simpan sekunder tersebut terdiri atas subfolder, subdirektori, dan sub-sub bagian lainnya.

BAGIKAN HALAMAN INI DI :

0 Response to "Pengertian dan Fungsi Hard Disk Komputer"

Posting Komentar

close