Cara Memperbaiki Keyboard Komputer/Laptop yang Rusak Tidak Berfungsi




memperbaiki keyboard komputer rusak
Cara memperbaiki keyboard laptop yang rusak atau keyboard komputer yang tidak berfungsi akan mengisi topik dalam tulisan ini. Untuk itu, bagi Anda yang mengalami masalah tentang kerusakan keyboard harap disimak betul-betul. Ya, keyboard merupakan perangkat input komputer yang cukup penting. Tidak ada keyboard, maka hampir seluruh pekerjaan di komputer/laptop tidak akan bisa dijalankan. Oleh sebab itulah, keyboard sangat dibutuhkan untuk mengoperasikan komputer (selain mouse).

Lalu, bagaimana jika keyboard komputer dan laptop Anda tidak berfungsi dengan baik? Ada banyak sekali penyebabnya, seperti terkena debu, air, atau penggunaan yang tidak benar. Berikut ini akan penulis tunjukkan bagaimana cara mudah memperbaiki keyboard laptop yang rusak. Langsung saja ini dia cara memperbaiki keyboard komputer tidak berfungsi. Baca juga penyebab komputer lemot dan cara mengatasinya.

Keyboard Komputer/Laptop Rusak dan Solusinya

Dalam proses menangani masalah keyboard komputer yang rusak perlu dilakukan beberapa langkah. Berikut adalah langkah yang tepat untuk mengatasi keyboard laptop yang tidak berfungsi.

Diagnosis Penyebab

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mengecek apakah betul keyboard komputer dan laptop mengalami kerusakan atau tidak. Coba tekan seluruh keyboard komputer, jika ada yang tidak berfungsi maka dipastikan terjadi kerusakan dalam perangkat keyboard itu sendiri. Sementara jika tidak berfungsi seluruhnya, maka terjadi kerusakan pada software/OS komputer Anda.

Bersihkan Tombol yang Tidak Berfungsi

Jika ditemui tombol keyboard yang tidak bekerja, maka segera bersihkan dengan kain serat yang diberi sedikit tetesan air. Bersihkan seluruh kotoran termasuk debu atau air secara hati-hati. Jangan sampai Anda menekan keras keyboard yang Anda bersihkan tersebut.

Lepaskan Tombol yang Tidak Berfungsi

Setelah benar-benar bersih, segera lepas tombol keyboard yang tidak bekerja tersebut. Gunakan hook kecil untuk melepas tombol keyboard yang tidak berfungsi. Setelah itu, angkat engsel plastik yang ada di tombol keyboard secara hati-hati dan amankan komponen-komponennya.

Bersihkan Sensor Tombol yang Tidak Berfungsi

Setelah tombol terlepas, segera ambil kain halus dan kering (ingat, kering, berbeda dengan langkah sebelumnya), lalu bersihkan bagian sensor (penggerak kecil berbentuk foil/baris). Berhati-hatilah ketika membersihkan sensor tombol karena akan fatal akibatnya jika terjadi kerusakan. Bisa-bisa Anda harus membeli yang baru dengan harga mahal.

Pasang Tombol dengan Benar

Jika sudah Anda bersihkan, maka pasang kembali tombol yang Anda lepas lengkap dengan engsel plastiknya. Tutup tombol dengan benar, jangan sampai posisi tombol terbalik atau tidak terpasang dengan rapih.

Tes Keyboard Komputer Anda

Langsung tes keyboard Anda dengan menekan kembali tombol yang sebelumnya tidak berfungsi. Kemungkinan besar, jika kerusakan tidak terlalu fatal, tombol keyboard akan kembali normal. Namun, jika kerusakan memang fatal (berhubungan dengan sensor keyboard) maka harus Anda konsultasikan ke service center.

Itulah cara memperbaiki keyboard rusak yang dapat penulis sampaikan dalam tulisan kali ini. Semoga bermanfaat.

BAGIKAN HALAMAN INI DI :

0 Response to "Cara Memperbaiki Keyboard Komputer/Laptop yang Rusak Tidak Berfungsi"

Posting Komentar

close