Komputer / Laptop Tidak Bisa Masuk Windows



Komputer / laptop tidak bisa masuk windows memang permasalahan yang sering dijumpai pada komputer itu karena proses booting yang tidak sempurna atau prosesnya yang terhenti di tengah jalan. Terkadang kejadian seperti ini membuat kita menjadi panik dan bertanya-tanya ada apakah dengan komputer / laptop ini hingga tidak bisa masuk ke windows?  

Jika masalah komputer / laptop tidak bisa masuk terletak pada sistem operasi Windows, maka instal ulang windows memang merupakan cara termudah untuk mengakhiri masalah ini. Tapi cara ini paling tidak disukai banyak orang karena prosesnya yang memakan waktu dan merepotkan karena harus menginstall aplikasi yang sering digunakan serta data dibagian drive C pasti hilang.

Sebelum melakukan install ulang windows atau sebelum kamu membawanya ke teknisi, lebih baik coba dulu beberapa cara yang biasa saya lakukan bila komputer / laptop tidak bisa masuk windows. Baiklah perhatikan caranya dibawah ini.

Cek Komputer / Laptop Tidak Bisa Masuk Windows Dengan Safe Mode

Kamu bisa mencoba melakukan booting melalui Safe Mode. Untuk menampilkan Safe Mode, bagi pengguna Windows 7, kamu mesti restart kembali PC, dan secepatnya tekan tombol F8. Nantinya akan tampilan pilihan menu yang salah satunya akan menampilkan pilihan Safe Mode. Jika cara ini bisa membuat kamu masuk ke Windows, berarti permasalahan terletak pada driver atau aplikasi yang membuat crash atau bisa pula terjangkit virus.
Komputer / laptop tidak bisa masuk windows a

Cek Komputer / Laptop Tidak Bisa Masuk Windows Dengan Bantuan CD/DVD

Jika Safe Mode tetap tidak bisa masuk windows, kamu bisa mencoba menggunakan bantuan CD/DVD installer Windows. Kamu bisa melakukan booting dari sini dan melakukan repair Windows.
Komputer / laptop tidak bisa masuk windows b
Jika menemukan pesan tertulis “bootmgr is missing”, kamu bisa masuk ke command prompt dan ketik bootrec /fixboot, lalu restart kembali.
Komputer / laptop tidak bisa masuk windows c

Cek Komputer / Laptop Tidak Bisa Masuk Windows Dengan Booting dari Linux

Jika cara nomor dua masih juga tidak bisa masuk windows, cobalah jurus terakhir dengan menggunakan bantuan CD Linux seperti Ubuntu atau Linux Mint (bisa juga menggunakan distro Linux yg lain). Lakukan booting dari sini dan lihat apakah sistem tersebut bisa bekerja dengan baik. Jika berhasil masuk ke dalam sistem operasi Linux dengan lancar, berarti permasalahan terdapat pada Windows kamu, dan instal ulang merupakan solusi yg mesti dilakukan. Jika pada Linux masih tidak bisa masuk, berarti permasalahan terdapat pada hardware.

Itulah cara yang biasa saya lakukan bila komputer / laptop tidak bisa masuk windows, semoga cara yg saya berikan dapat dipraktekan dan mendapatkan solusi pada komputer atau laptop kamu.

BAGIKAN HALAMAN INI DI :

14 Responses to "Komputer / Laptop Tidak Bisa Masuk Windows"

  1. Kalau pake bootble instaleernya gk ba ya gan

    BalasHapus
  2. Cd Windows Itu Brp Harganya???

    BalasHapus
  3. Mau tanya ko saya pencet f8 gak muncul muncul yahh laptop sayang gak bisa login/sigin saya pake windows 8 bantu jawab dong

    BalasHapus
  4. Mas kalo laptop saya hidup tapi layarnya hitam gk ada apa apa di pencet pencet tombolnya juga gak bisa, tu gimana ya mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinan dari ram biasanya gan. Coba buka/cabut ramnya trus persihin ujung ram rang warna kuningnya dengan penghapus. klu sudah coba pasang lagi

      Hapus
  5. Kalau dia nge heng tba2, terus paslpaslg d restart malah muncul configuring gtu dan setelah nyala malah warna item smua gimana tuh? Itu gatau tampialn win nya kmana.. Sya pakai win8 kak.. Tlg d bales ya kak.. Makasih..

    BalasHapus
  6. Kenapa laptop saya ngehang.. Dan waktu dinyalakan ada tanda (-) di pojok laptop? Tolong di bantu ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinan dari ram biasanya gan. Coba buka/cabut ramnya trus persihin ujung ram rang warna kuningnya dengan penghapus. klu sudah coba pasang lagi

      Hapus
  7. Klo tulisan nya user profile cannot be loaded gmn cara perbaiki nya

    BalasHapus
  8. klau dia gan uda masuk safe mode dan seteleah itu kan masuk startup repair gan tpi stelah di klik startup repair ny gan dan dia malah gk siap" loading prosessny cmna itu gan ,,, tolong di bls ya gan

    BalasHapus
  9. Gan kalo laptop saya ga ada tulisan masuk bios dan layar hitam blank tapi hidup gimana itu

    BalasHapus

close