Jenis Jenis Software ( Perangakat Lunak )



Jenis jenis software ( perangkat lunak ) yang ada saat ini sangatlah beragam jika dlihat dari lisensinya ada yang gratis, semi gratis dan berbayar. Untuk mengetahui jenis jenis software (perangkat lunak) berdasarkan pada lisensinya yuk kita bahas satu persatu.

A. Freeware

Freeware adalah jenis software ( perangkat lunak ) komputer yg memiliki lisensi gratis / sengaja dibuat untuk dibagikan dan dapat digunakan tanpa batasan waktu. Para pengembang jenis freeware biasanya membuat software gratis "untuk disumbangkan kepada komunitas", namun juga tetap ingin mempertahankan hak mereka sebagai pengembang dan memiliki kontrol terhadap pengembangan aplikasi selanjutnya. Terkadang jika para pengembang aplikasi memutuskan untuk berhenti mengembangkan sebuah produk freeware, mereka akan memberikan source code (kode sumbernya) kepada pengembang lain atau mengedarkan kode sumber tersebut kepada umum sebagai software bebas yg bisa dikembangkan secara bersama-sama.

B. Shareware

Shareware adalah jenis software ( perangkat lunak ) yg disediakan untuk pengguna tanpa membayar untk mencobanya namun fitur-fitur, fungsi, ketersediaan atau kenyamanan dari software tersebut di batasi alias tidak dapat di coba secara utuh. Jadi maklum saja kalo anda menggunakan jenis aplikasi ini tidak bisa memanfaatkannya secara maksimal, karena aplikasi jenis shareware sebenarnya adalah aplikasi ujicoba. Alasan di balik produk Shareware adalah memeberikan pembeli kesempatan untuk mencoba menggunakan program sebelum membeli lisensi untk versi lengkapnya. Nama lain dari shareware adalah Trialware.

C. Firmware

Firmware adalah jenis aplikasi yang mengacu kepada software yg disimpan di dalam Memori Read Only (hanya baca). Tidak seperti memori akses acak, Firmware tidak akan dapat berubah meski tidak dialiri listrik. Firmware berisi  instruksi input/output dasar (semacam BIOS atau sistem operasi embedded) disimpan di dalam Firmware. Modifikasi memang masih bisa dilakukan, akan tetapi hal tersebut tergantung dari jenis jenis ROM (Read Only Memory) yg digunakan. Firmware yg disimpan dalam ROM tidak dapat diubah, tetapi Firmware yg disimpan dalam ROM yg dapat diubah semacam EEPROM atau Flash ROM, masih dapat diubah sesuai dengan kebutuhan. Contohnya penggunaan firmware pada hardisk.

D. Commercial Software

Commercial Software adalah jenis jenis software yg dibuat untuk tujuan komersil, setiap pengguna yg ingin menggunakan atau mendapatkan software tersebut dengan cara membeli atau membayar pada pihak yg mendistribusikannya, bisa langsung kepada developers (pengembang) software, atau kepada rekanan dari pengembang software tersebut. Pengguna yg menggunakan software berbayar biasanya tidak dilegalkan untk menyebarluaskan atau membagikan ulang software yg sudah dibeli lisensinya secara bebas tanpa ijin dari penerbitnya.

E. Free Software

Free Software (perangkat lunak bebas) adalah istilah yang diciptakan oleh Richard Stallman dan Free Software Foundation (organisasi nirlaba dan merupakan sponsor utama dari proyek GNU) yg mengacu kepada jenis software yg bebas untuk digunakan, dipelajari dan diubah serta dapat disalin dengan atau tanpa modifikasi, atau dengan beberapa keharusan untk memastikan bahwa kebebasan yg sama tetap dapat dinikmati oleh pengguna-pengguna berikutnya. Bebas di sini juga berarti dalam menggunakan, mempelajari, mengubah, menyalin atau menjual sebuah software, seseorang tidak perlu meminta izin dari siapa pun. Dengan kata lain Anda bisa mengutak atik sesuka hati.

Untuk dapat menjadikan free software sebagai perangkat lunak bebaas, software tersebut biasanya harus memiliki sebuah lisensi, atau berada dalam domain publik dan menyediakan akses ke kode sumbernya bagi setiap orang. Gerakan perangkat lunak bebaas (free software movement) pertama kali dikembangkan pada tahun 1983, yang bertujuan untk memberikan pada setiap pengguna komputer.

Dengan konsep kebebasan ini, setiap orang bebas untk menjual perangkat lunak bebaas, menggunakannya secara komersial dan mengambil untung dari distribusi dan modifikasi kode sumbernya. Walaupun demikian setiap orang yang memiliki salinan dari sebuah jenis free software dapat pula menyebarluaskan software bebas tersebut secara gratis. Nah kalo semuanya disebarluaskan secara gratis dan bebas dimodifikasi sesuka hati, trus dari mana dapat keuntungannya? Biasanya sih model bisnis dari perangkat lunak bebaas terletak pada nilai tambah seperti dukungan, pelatihan, kustomisasi, integrasi atau sertifikasi. Dengan menggunakan model bisnis seperti ini, pastinya ada kekurangan dan kelebihannya juga.

Perangkat lunak bebas (free software) jangan disalahartikan dengan perangkat lunak gratis (freeware) yaitu perangkat lunak yang digunakan secara gratis. Perangkat lunak gratis dapat berupa perangkat lunak bebaas atau perangkat lunak tak bebas. Sejak akhir tahun 1990an, beberapa alternatif istilah untuk perangkat lunak bebaas mulai muncul seperti "perangkat lunak sumber terbuka" (opensourcesoftware), "software libre", "FLOSS", dan "FOSS". 

Saat ini, umumnya perangkat lunak bebaas tersedia secara gratis dan dibangun atau dikembangkan oleh suatu komunitas terbuka. Para anggota komunitas tersebut biasanya bersifat sukarela tetapi dapat juga merupakan karyawan suatu perusahaan yang memang dibayar untuk membantu mengembangkan perangkat lunak tersebut. 

Untuk memudahkan pemahaman mengenai perbedaan antara freeware (perangkat lunak gratis) dengan free software (perangkat lunak bebas), Richard Stallman selaku pendiri gerakan perangkat lunak bebas memberikan penjelasan sebagai berikut.
Perangkat lunak bebas adalah perihal kebebasan, bukan harga. Untuk mengerti konsepnya, Anda harus memikirkan kata 'bebas' seperti dalam "kebebasan berpendapat", bukan 'bebas' dalam arti "bir gratis".

F. Open Source Software

Open Source Software (perangkat lunak sumber terbuka) adalah jenis perangkat lunak yang kode sumbernya terbuka untuk dipelajari, dikembangkan, diubah, ditingkatkan dan disebarluaskan. Karena sifat ini, umumnya pengembangannya dilakukan oleh satu komunitas terbuka yang bertujuan mengembangkan perangkat lunak bersangkutan. Anggotaanggota paguyuban itu seringkali sukarela tapi bisa juga pegawai suatu perusahaan yang dibayar untuk membantu pengembangan perangkat lunak itu. Produk perangkat lunak yang dihasilkan ini biasanya bersifat bebass dengan tetap menganut kaidah dan etika tertentu. Terus apa donk bedanya dengan Free Software? Untuk memperjelas perbedaannya, simak baikbaik pernyataan berikut ini. Semua perangkat lunak bebass adalah perangkat lunak sumber terbuka, tapi sebaliknya perangkat lunak sumber terbuka belum tentu perangkat lunak bebass, tergantung kaidah yang dipakai dalam melisensikan perangkat lunak sumber terbuka tersebut.

G. Malware

Malware (perangkat perusak) berasal dari gabungan kata malicious dan software adalah jenis software yang diciptakan untuk menyusup atau merusak sistem komputer, peladen atau jejaring komputer tanpa izin termaklum (informed consent) dari pemilik. Istilah ini adalah istilah umum yang dipakai oleh pakar komputer untuk mengartikan berbagai macam perangkat lunak atau kode perangkat lunak yang mengganggu atau mengusik. Istilah virus computer kadang-kadang dipakai sebagai frasa pemikat (catch phrase) untuk mencakup semua jenis perangkat perusak, termasuk virus murni (true virus).
Software dianggap sebagai malware berdasarkan maksud yang terlihat dari pencipta dan bukan berdasarkan ciriciri tertentu. Perangkat perusak mencakup virus komputer, cacing komputer, kuda Troya (Trojan horse), rootkit, perangkat pengintai (spyware), perangkat iklan (adware), perangkat jahat (crimeware) dan perangkat lunak lainnya yg berniat jahat dan tidak diinginkan. Menurut undangundang, perangkat perusak kadang-kadang dikenali sebagai ‘pencemar komputer’, hal ini tertera dalam kode undang-undang di beberapa negara bagian Amerika Serikat, termasuk California dan West Virginia.

Perangkt perusak tidak sama dengan perangkat lunak cacat (defective software), yaitu software yg mempunyai tujuan sah tetapi berisi kutu (bug) yg berbahaya.

BAGIKAN HALAMAN INI DI :

0 Response to "Jenis Jenis Software ( Perangakat Lunak )"

Posting Komentar

close