s Sejarah Perkembangan dan Generasi Komputer

Sejarah Perkembangan dan Generasi Komputer


Sejarah perkembangan dan generasi komputer dari dulu hingga kini terbagi dalam 5 kali perkembangan atau generasi komputer. Apa saja sejarah perkembangan tersebut mari kita simak penjelasan setiap generasinya perkembangan nya.

Dalam pengertian dasarnya komputer adalah menghitung. Sebelum terlahirnya komputer pertama alat hitung yg digunakan adalah sempoa dan kalkulator mekanik, karena ingin lebih cepat dalam melakukan perhitungan maka di buatlah alat hitung berbasis elekronik yaitu komputer. 

Jadi sejarah awal mula diciptakannya kompute adalah untuk mempercepat perhitungan, Namun jangan beranggapan bahwa komputer pertama sama dengan sekarang, Komputer yg kita gunaakan sekarang adalah hasil panjang dari evolusi penemuan sejak dahulu. Untuk mengetahui sejarah perkembangan nya baca penjelasan dibawah ini.

Sejarah Perkembangan Komputer Generasi Pertama (1946-1959)

komputer generasi pertama

vacuum tube komputer generasi pertama
Karena terjadinya perang dunia ke Dua membuat perkembangan komputer pertama ini menjadi cepat sebab meningkatnya pendanaan untuk biaya riset atau penelitian. Pengembangan ni bertujuan untuk mengeksploit potensi stategis yang dimiliki komputer agar dapat digunakan untk membuat strategi perang dan mencuri informasi dari musuh. Saat itu ukuran komputer sangatlah besar yaitu dengan luas 7,45 kaki x 50 kaki dan memiliki bobot sekitar 35 ton. Hasil dari penelitian pertama ini didapat beberapa komputer diantaranya:
  1. Colassus
  2. Mark 1
  3. ENIAC
  4. EDVAC
  5. UNIVACI

Ciri dari generasi pertama adalah
  • Penggunaan tube vakum (yang membuat komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar)
  • Adanya silinder magnetik untk penyimpanan data.
  • Instruksi operasi dibuat secara spesifik untk suatu tugas tertentu.
  • Setiap komputer memiliki program kode biner berbeda yang disebut “bahasa mesin” (machine language) hal in menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya.

Sejarah Perkembangan Komputer Generasi Kedua(1959 – 1964)

komputer generasi kedua

transistors komputer generasi kedua
Stretch dan LARC
Mesin pertama yg memanfaatkan teknologi baru ni adalah superkomputer. IBM membuat superkomputer bernama Stretch, dan Sprery Rand membuat komputer bernama LARC. Komputer komputer ni,yang dikembangkan utuk laboratorium energi atom, dapat menangani sejumlah besar data, sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh peneliti atom. Mesin tersebut sangat mahal dan cenderung terlalu kompleks untuk kebutuhan komputasi bisnis, sehingga membatasi kepopulerannya. Hanya ada dua LARC yg pernah dipasang dan digunakan: satu di Lawrence Radiation Labs di Livermore, California, dan lainnya di US Navy Research and Development Center di Washington D.C. Komputer generasi kedua menggantikan bahasa mesin dengn bahasa assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yg menggunakan singkatan singakatan utuk menggantikan kode biner.

Pada awal 1960 an, mulai bermunculan komputer generasi kedua yg sukses di bidang bisnis, di universitas, dan di pemerintahan. Komputer generasi kedua ini merupakan komputer yg sepenuhnya menggunakan transistor. Mereka juga memiliki komponen komponen yg dapat
diasosiasikan dngn komputer pada saat kini: printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi, dan program.
Ciriciri komputer pada generasi kedua:
  • Penggunaan transistor sehingga ukurannya lebih kecil.
  • Adanya pengembangan memori inti magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebh kecil, cepat, dapat diandalkan, dan hemat energi dibanding para pendahulunya.
  • Penggantian dari bahasa mesin menjadi bahasa Asembly.
  • Muncul bahasa pemrograman COBOL dan FORTRAN.

Sejarah Perkembangan Komputer Generasi Ketiga (1964 – 1970)

komputer generasi ketiga

IC komputer generasi ketiga
Penemuan Integrated Circuits (IC) atau dikenal juga dengan microchips, membuka jalan untuk komputer generasi ketiga atau yg kita kenal dngan komputer sekarang ini. Berbentuk jauh lebih kecil dengan generasi komputer sebelumnya, dengan transistor yang lebih banyak dan dibenamkan ke dalam microchips tunggal. Dalam tahap perkembangannya, komputer generasi kedua masih bertahan. Pertama munculnya minicomputer yg didasarkan pada kedua transistor dan microchips seperti IBM System/360. Komputer ini jauh lebh kecil dan lebih murah daripada generasigenerasi sebelumnya. Komputer Generasi Ketiga dikenal sebagai mainframe komputer. Minicomputer dapat dilihat sebagai jembatan antara mainframe dan microcomputer sebagai proliferasi dalam perkembangan komputer.
Ciriciri komputer pada generasi ketiga:
  • Penggunaan IC (Intregrated Circuit).
  • Ukuran komputer menjadi lebih kecil.
  • Ditemukannya Sistem Operasi.

klik link untuk lanjut ke Sejarah Perkembangan Komputer Generasi Keempat dan Kelima


0 Response to "Sejarah Perkembangan dan Generasi Komputer"

Posting Komentar