s Cara Install Ulang Windows 7

Cara Install Ulang Windows 7

Cara Install Ulang Windows 7 – Menginstall windows 7 adalah pekerjaan yg sangatlah mudah jika anda mengetahui caranya. Bagi anda yg belum mengetahui cara install ulang windows 7 tenang saja kali ini saya akan berbagi mengenai caranya. Tanpa basa-basi lagi kita perhatikan langkah-langkah persiapan dan saat install ulang windows 7.

Alasan Install Ulang Windows 7

  1. Belum ada sistem operasi karena hardisk baru atau baru merakit komputer.
  2. Komputer terkena virus parah sehingga ada program yg tidak jalan bahkan hingga komputer tidak berjalan semestinya.

Persiapan Sebelum Install Ulang Windows 7

  1. Siapkan DVD Windows 7 terlebih dahulu, karena kita mau belajar menginstall ulang windows 7 dari DVDROM.
  2. Backup data-data penting terlebih dahulu terutama yg ada di drive C karena drive C ini akan diformat.
  3. Setting BIOS agar booting dari CD/ DVD.
  4. Apakah yg di install adalah laptop ? Jika iya, saya sarankan colokkan charger laptop dengan segera. Jangan sampai laptop kehabisan daya pada saat proses instalasi karena pasti berdampak buruk pada laptop itu sendiri.

Setting BIOS agar Booting dari CD/ DVD

  1. Nyalakan atau restart komputer/ laptop anda, kemudian cepat tekan tombol DEL (Delete) jangan sampai kelewat (lihat gambar). Biasanya untuk masuk ke menu BIOS, tombol yg paling umum digunakan adalah DEL, F1, F2, atau Fn+F2 (laptop), tergantung manufacturer dari laptop/ motherboard.
    Cara Install Ulang Windows 7
  2. Jika berhasil anda akan masuk ke menu tampilan BIOS, pilih menu BOOT menggunakan tombol arah pada keyboard. (Tampilan BIOS akan berbeda-beda tergantung dari motherboard).
    Cara Install Ulang Windows 7
  3. Setting hingga CD-ROM Drive atau DVD-ROM menjadi diurutan teratas karena kita akan install ulang windows 7 dari CD.
    Cara Install Ulang Windows 7
  4. Masukan DVD Windows 7 ke DVD-ROM lalu pilih menu EXIT dan pilih EXIT SAVING CHANGES atau untuk cepatnya tekan F10 untuk menyimpan hasil setting sekaligus keluar dari menu BIOS.
    Cara Install Ulang Windows 7

Langkah-langkah Install Ulang Windows 7

  1. Setelah keluar dari BIOS maka secara otomatis akan merestart, kemudian setelah dvd Windows 7 terbaca tekan sembarang tombol untuk memulai proses install.
    Cara Install Ulang Windows 7
  2. Jika berhasil akan masuk ketampilan lihat gambar. Pada tahap ini ada tidak melakukan apa-apa hanya menunggu proses loading saja.
    Cara Install Ulang Windows 7

    Cara Install Ulang Windows 7
  3. Klik NEXT saja pada tahap ini.
    Cara Install Ulang Windows 7
  4. Klik INSTALL NOW.
    Cara Install Ulang Windows 7
  5. Centang I accepted the license terms, kemudian pilih Next.  
    Cara Install Ulang Windows 7
  6. Pilih Costum (advanced).
    Cara Install Ulang Windows 7
  7. Pilih drive mana yg akan di install windows 7 biasanya di C lalu klik Next.
    Cara Install Ulang Windows 7
  8. Proses Install Ulang Windows 7 sedang berlangsung. Proses ini yg cukup lama namun tak perlu khawatir saya punya cara untuk mempercepat proses ini untuk mengetahuinya baca "Cara Cepat Install Windows 7". Apabila sudah selesai komputer akan reboot/ restart dengan sendirinya beberapa kali.
    Cara Install Ulang Windows 7
  9. Setelah restart akan muncul tulisan seperti di awal, Untuk tahap ini “jangan tekan sembarang tombol” apabila ditekan aka mengulang proses dari awal.
    Cara Install Ulang Windows 7
  10. Persiapan komputer untuk pertama kali penggunaan setelah install ulang Windows 7.
    Cara Install Ulang Windows 7
  11. Masukkan nama pengguna dan nama komputer. Kemudian pilih Next.
    Cara Install Ulang Windows 7
  12. Isi password yang di inginkan, tidak di isi pun tak apa-apa. Klik Next.
    Cara Install Ulang Windows 7
  13. Silakan masukkan product key windows 7, kemudian pilih Next. Jika tidak mempunyai product key, anda bisa lewati langkah berikut ini tanpa memasukkan product key. Tetapi, tanpa aktivasi product key, anda hanya dapat menggunakan Windows 7 selama masa trial (30 hari). Selanjutnya pilih Next.
    Cara Install Ulang Windows 7
  14. Untuk Windows Update, silakan pilih Ask me later. Anda bisa memilih Use recommended settings jika DVD windows 7 yang anda miliki original.Tetapi jika tidak, saya sangat menyarankan pilih Ask me later.
    Cara Install Ulang Windows 7
  15. Untuk Time zone/ zona waktu. Pilih (UTC+07:00) Bangkok, Hanoi, Jakarta. Lalu Next.
    Cara Install Ulang Windows 7
  16. Menunggu persiapan.
    Cara Install Ulang Windows 7
  17. Proses install ulang windows 7 sudah selesai anda sudah dapat menggunakan komputer seperti biasa.
    Cara Install Ulang Windows 7

Bagaimana mudah bukan cara install ulang windows 7 , setelah selesai menginstall yang harus anda lakukan adalah install driver dari vga, sound card, port lan, usb dll. Untuk anda yang menggunakan bawaan dari motherboard tinggal instal CD bawaan dari motherboard. Jangan lupa juga install program-program yang akan anda gunakan. Itu saja yang dapat saya bagikan tentang cara install ulang windows 7 semoga bermanfaat.     


19 Responses to "Cara Install Ulang Windows 7"

  1. Keren gan, berguna banget nih. Makasih ya Postingannya.

    BalasHapus
  2. Klo ga klr press key anything gmn gan..kena virus tah itu

    BalasHapus
  3. bang kalau microsoft oficce saya ga merespon apakah harus di instal ulang juga bang...?????

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba saja di remove dulu microsoft officenya jika sudah install lagi microsoft oficenya jika masih tidak bisa cek program officenya apakah coruup atau tidak kalu tidak corrup baru install ulang windowsnya

      Hapus
  4. Gan.sya kok dvd nya tidak terbaca padahal setingan biosnya udah benar

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba periksa soket untuk dvd nya apakah sudah benar? setelah direstart buru buru tekan spaci berulang kali hingga terbaca ,.. jika masih tidak terbaca mungkin dvd atau cdnya

      Hapus
  5. Maksudnya itu DVDnya pakai DVD kosong atau DVD bawaan leptop gan untuk instal ulangnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. DVD yg udah terisi instalan windowsnya

      Hapus
  6. Gan bukannya yg windows update hrs di isii kodenyaa yaa gan???

    BalasHapus
  7. Tolong Jawab Bloggers. Apakah semua apk dasar nya hilang, seperti Chrome, Mozila Firefox, Ms Word, kalau hilang Gimana cara untuk mengembalikan apk nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu bukan aplikasi bawaan tolo,tinggal download lgi di Internet Explorer apa susahnya

      Hapus
  8. kira kira setelah install ulang, akankah disk D ikut kehapus datanya?

    BalasHapus
  9. Tancep gas.... Bw balik gan

    BalasHapus