Perangkat Keras (Hardware) Komputer dan Fungsinya



Perangkat keras (hardware) komputer dan fungsinya- Secara umum perangkat komputer terbagi menjadi 3 bagian yaitu Hardware ,software dan brainware. Perangkat keras (hardware) komputer adalah alat-alat dari komputer yang dapat dilihat, disentuh atau berwujud/berbentuk untuk mendukung kinerja dari computer itu sendiri. 

Perangkat lunak (software) komputer adalah sekumpulan data elektronik yg disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yg disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yg akan menjalankan suatu perintah.

Melalui software inilah suatu computer dapat menjalankan suatu perintah, sedangkan brainware adalah orang/manusia yg menjalankan atau menggunakan komputer tersebut. Untuk pembahasan kali ini, kita akan membahas mengenai perangkat keras (hardware) komputer beserta fungsinya, tanpa lama lagi yuk kita langsung bahas saja.

4 Kategori Dari Perangkat Keras (hardware) Komputer

Sebagaimana kita tau perangkat keras (hardware) komputer itu banyak macamnya. Agar mempermudah kita dalam memahaminya maka kita bagi ke dalam 4 kategori yaitu:
  1. Input Device : Alat input / masukan
  2. Process Device : Alat yang menjalankan proses sistem computer
  3. Output Device : Alat output / keluaran, menghubungkan sistem keluar
  4. Storage Device : Alat untuk menyimpan

Untuk memperjelas kategori–kategori tersebut serta perangkat keras mana saja yg termasuk dalam setiap kategori berikut penjelasannya:

1. Input Device

Input device adalah unit yg fungsinya sebagai media untk memasukkan data dari luar kedalam suatu memori dan processor untk diolah guna menghasilkan informasi yg diperlukan. Input devices yg umumnya digunakan pada computer (PC) adalah Keyboard, mouse, joystick, touch pad, scanner dan lain-lain.
  • Keyboard fungsinya memasukkan huruf, angka, karakter khusus, serta sebagai media bagi user (pengguna) untk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file, membuka file, dan perintah lainnya. 
    keyboard
  • Mouse fungsinya untuk memindahkan pointer atau kursor secara cepat serta menjalankan peritah klik kiri dan kanan.
    mouse
  • Touch pad fungsinya yg sama dengan mouse namun memiliki bentuk yg berbeda yaitu berupa bantalan sensitif terhadap sentuhan, biasanya ada di laptop.
  • Joystick fungsinya untuk mengatur gerak suatu objek dalam komputer dengan menekan tombol – tombol yang ada pada perangkat, biasanya di gunakan untk bermain games pada komputer.
    joystick










  • Scenner fungsinya sama seperti mesin fotocopy hanya saja berbeda hasilnya jika mesin fotocopy dapat dilihat di kertas sedangkan scenner dapat dilihat di layar monitor.
    scanner

  • 2. Process Device

    Unit ini fungsinya untuk mengolah data yang sudah di masukkan melalui perangkat keras masukan. Berikut akan dijelaskan satu persatu yang termasuk dalam perangkat-perangkat pemrosesan.
    • Power supply (PSU) berfungsi untuk menyalurkan arus listrik ke seluruh perangkat keras komputer.
      power supply
    • Motherboard fungsinya menghubungkan seluruh komponen penyusun sebuah computer , artinya mobo di sini mengemban tugas untk menghubungkan bahasa kode antar perangkat keras agar dapat disinergikan menjadi sebuah aktivitas kerja perangkat komputer.
      motherboard
    • Prosesor fungsinya mengeksekusi perhitungan kompleks yang memungkinkan computer untk bisa digunakan menjalankan program-program komputer, menjelajah internet, memutar lagu, dan menjalankan sistem operasi Anda.
      prosessor
    • RAM (Random Access Memory) fungsinya sebagai tempat penyimpanan data sementara. Memory bekerja dengan menyimpan dan menyuplai data-data penting yg dibutuhkan Processor dengan cepat untuk diolah menjadi informasi.
      RAM
    • Vga card (kartu grafis) fungsinya adalah untuk mengubah atau menerjemahkan sinyal digital dari komputer ke monitor untk menampilkan grafis atau menciptakan tampilan-tampilan pada layar monitor.
      VGA Card

    3. Output Device

    Output device adalah perangkat-perangkat komputer untuk menampilkan hasil akhir dari pengolahan yang dilakukan oleh CPU. Perangkat ini merupakan alat yg sangat penting peranannya bagi pengguna komputer karena akan memberikan hasil yg di inginkan dan dapat berbentuk pada sebuah media contohnya kertas. Berikut ini beberapa perangkat yg termasuk dalam output device.
    • Monitor fungsinya menampilkan dua data atau informasi dalam bentuk teks atau grafik.
      monitor
    • Printer fungsinya untuk mencetak informasi yg dihasilkan oleh komputer pada media kertas.
      printer
    • Speaker adalah unit keluaran yg menghasilkan suara.

    4. Storage Device

    Storage atau biasa juga disebut memory adalah suatu tempat penyimpanan atau penampung data dan program. Contohnya seperti hardisk, fleshdisk, cd dan lainnya yg fungsinya sebagai media penyimpanan data.

    fleshdisk


    Itulah penjelasan singkat mengenai perangkat keras (hardware) komputer , semoga bermanfaat.

    BAGIKAN HALAMAN INI DI :

    10 Responses to "Perangkat Keras (Hardware) Komputer dan Fungsinya"

    1. Mas klo komputer bekas warnet apa yang harus di rubah karena setelah saya coba nyalain dilayar muncul no signal padahal kabel vga sudah terpasang...apa karena belum di program ya.....maaf saya orang awam mohon penjelasannya

      BalasHapus
      Balasan
      1. bisa macem-macem masalahnya yang pasti dari hardware, kalau masalah program g munkin karena walaupun g pake OS pasti hardwarenya kebaca dimonitor... Coba aja lepas RAM nya, bersihin trus pasang lagi

        Hapus
      2. maaf mas, tpi bukannya klo masalah pada RAM trus di bersihin itu masalah dari layarnya yang blank.

        mhon kasi infonya

        Hapus
    2. aku mah apa atuh cuma bisa nyimak aja..

      BalasHapus

    close