BAGIAN BAGIAN MOTHERBOARD KOMPUTER JELAS DENGAN GAMBAR



Bagian Bagian Motherboard Komputer yang harus kamu tau jika ingin membuat komputer rakitan atau mengupgrade komputer, diantaranya slot/soket processor, RAM, VGA/AGP,PCI, konektor SATA yg seri jadulnya konektor ATA, BIOS, input output port, konektor power.
Agar mengetahui bagian bagian motherboard komputer tersebut yuk kita bahas satu per satu, berikut penjelasanya :
"sebelum lanjut baca dulu  pengertian dan fungsi motherboard"
bagian bagian motherboard
 ( keterangan: untuk urutan no lihat gambar diatas )

1. Soket Processor
Tempat / dudukan untuk menyimpan processor, penting untuk diperhatikan dalam pemasangan processor harus hati-hati agar pin tidak ada yang bengkok apalagi sampai patah (terdapat ratusan pin dalam satu processor), setelah dirasa sudah masuk / pas tarik tuas kecil di sebelahnya memiliki fungsi sebagai pengunci.
Tips memasang processor : lihat pada setiap ujung prosesor biasanya terdapat satu tanda seperti tanda panah, cocokan tanda tersebut dengan tanda yang ada di motherboard.

2. 4 / 8 pin power Processor
Bagian motherboard ni berfungsi menyalurkan daya pada prosesor, penggunaan 4 / 8 pin tergantung dari jenis motherboardnya sendiri dan daya yang dibutuhkan prosesor (TDP). 4 pin = 95 watt dan 8 pin = 125 watt.

3. CPU Fan Connection ( kipas headsing processor )
Port satu ini berperan menghidupkan kipas pendingin processor (hsf).

4. Slot RAM
Bagian motherboard untuk meletakan RAM. Terdapat beberapa jenis slot RAM diantaranya SD RAM, DDR, DDR2 , slot DDR3 dan kapasitasnya pun berbeda-beda ada 8gb, 16gb, 32gb tergantung dari mobo itu sendiri.

5. Antarmuka IDE Primer dan Sekunder
Disebut juga sebagai konektor IDE atau konektor PATA. IDE adalah kependekan dari Integrated Device Electronics, yang mendukung perangkat IDE, seperti Hard disk dan CD / DVD drive. Perlu diketahui ini adalah model jadul dengan ciri-ciri kabel data nya  berbentuk lebar serta tipis.

6. 24 Pin Power connector
Berfungsi sebagi port untuk menyalurkan listrik dari power supply ke seluruh bagian motherboard.

7. Konektor SATA
Disebut sebagai konektor Serial ATA. SATA kependekan dari Serial Advanced Technology Attachment. Fungsinya sama dengan konektor IDE yaitu sebagai port data dari hardisk dan dvd drive. Ini merupakan model konektor terbaru dengan ciri-ciri kabel datanya lebih kecil serta ramping.

8. Sistem Panel Connector
Pada bagian Connector – connector ini akan disambungkan pada tombol-tombol pada casing seperti tombol power, restart, lampu power serta lampu hardisk.

9. Serial Port connection
Tampat atau dudukan pin untuk port usb pada casing ( kabel port usb yang berada satu paket didalam casing  ).

10. Slot PCI Express
Biasanya digunakan sebagai penambah port usb atau komponen tambahan lainnya.  

11. Slot PCI
Slot ini merupakan slot tambahan atau external pada komputer. Bila komputer anda ingin di upgrade atau ditambahkan fungsi – fungsinya, anda tinggal menambahkan peralatan – peralatan yg anda butuhkan diexpansion card ini. Seperti: LAN card, Sound card, Tv turner, Video receiver, Joystick dll. 

12. Slot VGA(AGP)
Slot AGP (Accelerated Graphics Port) digunakan untuk meletakan atau memasang VGA Card / kartu grafis yang ditujukan untuk game 3D atau membuat desain. Letaknya selalu di samping slot PCI. Bagian motherboard ini yang harus diperhatikan apabila anda seorang gamers / desainer. 

13. Baterai CMOS
Berfungsi menyimpan pengaturan data & waktu. Ketika komputer dimatikan, maka komputer berhenti menyediakan pasokan daya listrik ke motherboard.Ketika komputer dihidupkan kembali, sistem ini masih berada di waktu yang tepat. Sirkuit elektronik, disebut CMOS (komplementer MetalOxyde Semiconductor kadang-kadang disebut BIOS CMOS), menyimpan beberapa sistem informasi, seperti waktu, sistem tanggal, dan beberapa sistem pengaturan penting. itu sebabnya tanggal pada komputer selalu tepat (sesuai dengan settingan), walaupun komputer dimatikan. Agar  dapat menyimpanan tanggal & waktu serta informasi perangkat keras yang terpasang, maka motherboard memerlukan battre CMOS diletakan di bagian motherboard, battre ini sama dengan battre jam berukuran besar.

Back Panel Motherboard

bagian back panel motherboard

Untuk back panel anda hanya tinggal lihat saja gambar karena sudah sangat jelas setiap port diberi keterangannya.

Itu saja yg hanya saya bisa share tentang bagian bagian motherboard komputer , semoga bermanfaat.

BAGIKAN HALAMAN INI DI :

15 Responses to "BAGIAN BAGIAN MOTHERBOARD KOMPUTER JELAS DENGAN GAMBAR"

  1. ijin share gan,,,,biar manfaat

    BalasHapus
  2. infonya simple & ckp jls info yg sngt brgna bagi pemula mantap ademin tq

    BalasHapus
  3. Balasan
    1. silahkan gan gpp tapi jangan lupa link aktifnya (link sumbernya)

      Hapus
  4. Pak andri, nanya, mungkin ga printer struk yg konek pake usb ke PC ter offline sendiri disebabkan oleh mother board yg bermasalah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. harus dicek satu persatu gan, coba cek dari:
      1. kabel printer yang kabel usbnya apakah masih baik atau tidak? bisanya kalau kabelnya jelek pasti koneksi suka terputus.

      2. Perika port usb di motherboardnya. coba gunakan flashdisk untuk mengeceknya jika flasdisk baik2 aja berarti port usb dimotherbordnya masih bagus.

      3.apakah cd/software driver printernya sudah diinstall dengan benar?

      Hapus
  5. kalau boleh tau motherboard yang di jelaskan di atas type apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksudnya type apanya gan?

      Hapus
    2. apa fungsi setiap kabel dalam motherboard

      Hapus
  6. pada mb ecs a880 lm-m ada soket 125w 8 pin misalnya cm dipasang 4 pin apa bisa

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung processornya gan klu power yg dibutuhkan pocessornya 95watt bisa cuma 4 pin doank tp klu procesornya butuh 125watt ya harus 8 pin

      Hapus
  7. gan mau tanya kalo komputer rakitan utk warnet khususnya utk game on line sebaiknya pake komponen yg bagaimana yach..? terimakasih

    BalasHapus
  8. kalo boleh tau ini motherboard nya jenis apa yah dari komputer mana ?

    BalasHapus

close