Pengertian dan Fungsi Processor (Prosesor) Komputer



Pengertian dan fungsi processor (prosesor) komputer. Processor / prosesor adalah salah satu komponen yang paling utama dari rangkaian komputer, tanpa alat satu ini kompi tidak akan jalan alias tidak akan berguna karena prosesor adalah otak komputer, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pengertian dan fungsi processor komputer yuk kita simak penjelasan berikut.


Pengertian Processor (Prosesor)

Umumnya pengertian processor ataupun sering disebut otak komputer, secara jelasnya prosesor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dengan fungsi melakukan perhitungan dan menjalankan tugas. 

Letak prosesor ini terdapat di motherboard, nah saat pemilihan motherboard harus disesuaikan dengan jenis soket dari prosesornya contoh untuk proscessor intel ada soket LGA maka cari motherboard dengan soket LGA juga dan proscessor AMD ada AM3+ maka harus disesuikan juga. 

Namun ada hal terpenting yang selalu terlupakan yaitu nilai TDP prosesor harus sesuai dengan motherboardnya seperti sudah saya bahas di tips membuat komputer rakitan. Prosesor juga sering disebut “Microprosessor”. Bagian terpenting dari prosesor adalah:
  • Aritcmatics Logical Unit (ALU) : Melakukan semua perhitungan aritmatika (matematika) yang terjadi sesuai dengan intruksi program.
  • Control Unit (CU) :  Pengatur lalu lintas data seperti input, dan output.
  • Memory Unit (MU) : Alat penyimpanan kecil yang mempunyai kecepatan akses cukup tinggi.

Fungsi Processor (prosesor)

Pada umumnya fungsi processor (prosesor) adalah hanya untuk memproses data yang diterima dari masukkan atau di input, kemudian akan menghasilkan pengeluaran berupa output. 

prosesor tidak dapat bekerja sendiri namun membutuhkkan dukungan maupun terus berhubungan dengan komponen lain terutama hardisk dan RAM. Dalam memproses sebuah data dapat dilakukan dengan waktu proses cepat atau lambat tergantung kecepatan prosesor tersebut. 

Saat ini kecepatan processor yang paling tinggi ada di kecepatan 4 Gigahertz (GHz) artinya dapat membaca 4000 miliar perintah dalam sekali pengerjaannya, merupakan angka fantastis dalam perkembangan tekhnologi didunia. Bagi para gamer, pasti sudah familiar dengan istilah, “greater processor, greater gaming experience”, karena sebuah game pasti sangat berpengaruh dengan kapasitas prosesor sebuah komputer.

Untuk segi pengembang atau perusahaan khusus produksi prosesor ada 2 perusahaan terkenal yaitu intel dan AMD. Dari 2 perusahaan inilah banyak membanjiri pasaran processor. Produk ke2nya tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Ada yang bilang kalau ketahanan untuk di pakai berjam-jam maupun berhari-hari intel lebih dapat diandalkan sedangkan bagi para gamers AMD jadi pilihannya karena lebih baik dalam memproses grafik. Insya allah pembahasan ini akan saya bahas di lain kesempatan.

Itu saja yang dapat disampaikan dalam pembahasan pengertian dan fungsi processor (prosesor) komputer, semoga bermanfaat bagi anda. Akhir kata terima kasih atas  kunjungannya ke blog ini.  

BAGIKAN HALAMAN INI DI :

24 Responses to "Pengertian dan Fungsi Processor (Prosesor) Komputer"

  1. makasih gan izin copas utk tugas

    BalasHapus
    Balasan
    1. ok gan tapi jangan lupa dibuat link aktifnya

      Hapus
  2. thanks gan, ijin copas buat tugas ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. ok gan jangan lupa ya link aktifnya (sumbernya)

      Hapus
  3. makasih gan infonya kebetulan banget ane masih ragu antara penyebutan processor dan CPU

    BalasHapus
  4. ijin ya gan untuk sumber tugas . makasih

    BalasHapus
  5. thank you sob...atas infonya...sangat2 bermanfaat sekali...

    BalasHapus
  6. Thank you infonya.
    Btw, nanya boleh ya.. utk saat ini apakah kecepatan processor tertinggi mah 4Ghz? Atau sdh ada perkembangan baru? Thanks sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika menanyakan kecepatan processor sendiri bisa sampai 6-8 Gzh, itu jika processor tersebut mengalami overclock(meningkatkan kinerja processor)

      Hapus
  7. gan ada artikel yg kupas tuntas semua istilah yg ada di sebuah komponen pc ga? misal lagi bahas proci, di dalemnyadi jelasin apa itu LGA, socket, chache memory, dll ?

    BalasHapus

close