Komputer Rakitan : hal penting yang harus diperhatikan



Hal penting yang harus diperhatikan untuk Komputer rakitan sebelum membeli atau saat merakit agar tidak kecewa bahkan gagal di akhirnya. Memang kegiatan satu ini lebih disukai dari pada pc (komputer) branded karena aktifitas merangkai komponen pc dari nol hingga terbentuk dan siap digunakan serta kita dapat menentukan spesifikasi komputer itu sendiri.

Berbeda dengan pc branded yang spesifikasinya sudah ditentukan oleh vendornya yang tentunya sudah sesuaikan dengan kebutuhan dari komputer tersebut. Namun perlu anda ketahui bahwa semua pc branded berbeda dengan rakitan komputer yang lain karena memiliki komponen dengan kwalitas nomor wahid alias yang terbaik yang diberikan oleh perusahaan komponen tersebut misal prosesor intel, prosesor yang diberikan kepada vendor penyedia pc branded adalah prosesor yang sudah melewati bebrapa kali quality control berbeda dengan yang dilempar kepasaran hanya satu kali quality control.

Jika anda ingin membuat komputer rakitan atau membelinya ada beberapa hal wajib mesti diperhatikan. Karena banyak contoh kasus kesalahan dalam membuat rakitan komputer bahkan toko yang menjual hasil rakitan komputer nya. Untuk mengetahui hal apa saja yang harus di perhatikan yuk kita bahas.

Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Membuat Komputer Rakitan

1. Pilih Motherboard Dan Prosesor Yang Sesuai

Untuk kasus ini banyak user yang menitik beratkan hanya kepada tipe soket dari motherboard tersebut misal soket AM3 atau LGA. Namun ada hal yang sering dilupakan yaitu nilai TDP nya, bila nilai TDP motherboard lebih kecil dibandingkan nilai TDP prosesornya maka dapat dipastikan kekuatan prosesor atau kecepatan prosesor tidak akan maksimal.

Contoh kasus :
motherboard ECS A780LM-M2 soket AM3 dengan TDP 95watt dipasangkan  prosesor amd phenom II X4 955 Black Edition dengan soket yang sama yaitu AM3 namun TDP sebesar 125 watt  maka setelah dicek tidak didapat hasil yang maksimal kecepatan prosesor hanya mencapai di angka 789Mhz yang seharusnya kecepatan prosesor tersebut adalah 3.4Ghz.

2. Pilih Power Supply Sesuai kebutuhan Atau Melebihi

Untuk kasus satu ini sangat penting untuk diperhatikan karena fungsi dari power supply ini untuk menyalurkan atau mensuply arus listrik ke perangakat keras contoh hardisk, kipas, motherboard, vga, dll. Untuk itu jika pemilihan power supply tidak sesuai kebutuhan cpu maka siap-siap komponen hardware yang membutuhkan supply listrik akan menjadi rusak. Pilihlah atau beli power supply karena kualitasnya seperti seasonic, corsair, dll jangan memilih merk power supply yang abal-abal dan pilihlah power supply yang PURE saya menyarankan menggunakan power supply minimal dengan daya 450 watt di kisaran harga 500rb. Untuk cek/ menghitung kebutuhan seberapa besar daya power supply anda cek di http://www.extreme.outervision.com/psucalculatorlite.jsp
atau baca mengenai jenis jenis power supply.


3.Tips memilih vga card

Khusus untuk gamers dan grafik desainer alat/ device satu ini wajib dimiliki karena akan sangat membantu dan memberikan kepuasan saat main games. Namun dipasaran banyak dijual vga berbagai merk dan beragam pula harganya lalu apa yang membedakannya?. Ada yang memiliki memory 128mb, 256mb, 512mb, 1GB, 2Gb bahkan hingga 5 Gb dan memiliki 64bit, 128bit, 256bit serta memiliki slot agv, ddr2, ddr3,dan ddr5. Ok Jadi begini dari semua itu yang membedakan adalah kecepatannya. Vga dengan memory 1Gb, 64bit dan ddr2  tidak sama dengan vga memory 1Gb, 128 bit dan ddr2 karena fungsi
  • Bit adalah MEMORY INTERFACE dari VGA tersebut atau dengan kata lain bisa disebut sebagai lebar jalur data, semakin besar bit sebuah vga maka semakin cepat VGA tersebut dan juga semakin mahal.    
  • jenis DDR  lebih mengacu pada kecepatan sebuah VGA akan saya jelaskan
  • VGA DDR1/DDR biasanya kecepatannya hanya mencapai 400MHz saja.
  • VGA DDR2 biasanya kecepatannya antara 400 sampai 1000MHz
  • VGA DDR3 kecepatannya kira2 antara 1200 sampai 1800MHz
  • VGA DDR4 kecepatannya antara 1800 sampai 2200MHz
  • Dan VGA DDR5 , VGA dari ATI RADEON HD4870 kecepatannya sangat fantastis mencapai 3600 - 4000MHz atau 4GHz.
Jadi semakin cepat sebuah VGA maka akan semakin baik pula dia dalam bekerja. Jadi baik itu motherboard yg masih menggunakan memory RAM jenis DDR ataupun yg sudah di atasnya tetap bisa menggunakan VGA dgn jenis DDR manapun. Yang jelas bila menggunakan VGA yg cepat maka kinerja pc pun akan cepat pula. Jadi jangan tergiur dengan harga murah sebelum membeli ,pastikan spesifikasi dari vga tersebut.

4. Sesuaikan kapasitas RAM

Satu lagi hal penting dalam merakit pc yaitu menyesuaikan kapasitas memori RAM jadi jangan sampai prosesor, power supply, dan vga sudah high end tapi memory RAM nya hanya menggunakan 512mb. Tentu saja ini tidak akan memaksimalkan kinerja cpu tersebut saya sarankan menggunakan memory RAM minimal 2Gb agar cpu dapat berjalan dengan maksimal.

Itu saja yang bisa saya bagikan tentang yang harus diperhatikan sebelum membeli atau membuat komputer rakitan. Semoga artikel ini bermanfaat dan apa yang saya alami yaitu kegagalan dalam merakit pc tidak terjadi oleh anda karena anda sudah memliliki gambaran dan ilmu untuk melakukannya.

Kamu Harus Baca Artikel Ini :

BAGIKAN HALAMAN INI DI :

28 Responses to "Komputer Rakitan : hal penting yang harus diperhatikan "

  1. Gan mau nanya masalah power supply yang cocok untuk vga card Asus Gtx 970 Nvidia,saya pakai motherboard Asus P8H 61-M LX Series,untuk sa'at ini saya pakai power supply bawaan casing!
    Trus Apa Motherboard saya cocok untuk Vga Card sprti yg ada di atas,karna Vga nya memeliki soket 8 pin jadi saya juga kurang tau power supply yang cocok sprti apa??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk motherboard tidak masalah karena slot vganya sudah PCIE jadi cocok untuk vga ASUS GTX 970 yang jadi masalah PSUnya, Saya saranin diganti aja dengan PSU yang PURE atau sudah bersertifikat 80+ dengan minimal 500 WATTS dipasaran kirasan harga 600rb an jangan yang abal-abal. Untuk soket 8 pin vga artinya vga membutuhkan daya untuk berjalan yang diambil dari psu .. biasanya PSU dengan watts besar sudah ada konenktor /soket 8 pin

      Hapus
    2. Saya kasih saran nih, saya kasih tau "JANGAN PAKE POWER SUPPLY BAWAAN CASING!!" soalnya udah ada kasus pake power supply bawaan casing semua komponen nya ludess des des des terbakar

      Hapus
  2. Kalo milih ram gimana gan? Ada yang perlu diperhatiin ga? Dari tipe atau gimana2nya gt.. Punya ane masih 2gb. Lemot euy..
    Sony Vaio E Series keluaran pertama. Proxessor intel atom.

    BalasHapus
    Balasan
    1. masalahnya prosesornya masih intel, kalau buat gamer pakenya kaya AMD Procesor sama kalau VGANYA KECIL SAMA AJA

      Hapus
    2. Gan amd sih bener tapi boros daya sampe 100w lebih

      Hapus
    3. Kalo bisa lebih dari 2 gb soalnya system sekarang tuh "rakus" dibidang penyimpanan

      Hapus
    4. Saya saranin pake corsair vengeance black 4gb

      Hapus
  3. BTw TS itu motherboard ecs a780lm-m2 punya barang nya g? Saya lg nyari euy. Butuh bnyak. Klo ada tolong bls k email ya

    BalasHapus
  4. Numpang nanya Ram 2gb Procie g4400 + gtx 960 bottleneck gk

    BalasHapus
  5. Ganti klo AMD phenom x4 970 Black edition baiknya pake vga apa?? Klo rambut nya udah pake ddr 3 12gb

    BalasHapus
  6. Mau nnya nih mas, kalau intel core 2 quad Q8200, vga 1 gb ddr2, ram 4gb, bisa gak mainin game" yg trbaru skrng sprti GTA V & WATCH DOG, izin brtanya nih mas btuh komentar nya maklum sya msih pemula di dlm komputer

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk processor dan ram sudah cukup tapi yang harus diperhatikan adalah VGA dan PSUnya. Untuk VGA lihat bitnya 64,128,256 minimal yg 128 dan ddr vganya supaya lebih jos yang pilih ddr5. Sedangkan Psu harus yang PURE minimal 450 watt(tergantung dengan vga yang digunakan) agar pasokan listrik stabil

      Hapus
  7. Gan mo nanya, aku pake core2quad q9400, vga gts250 1gb 256bit ddr3, ram 4gb ddr2 mobo gigabyte p43 dan psu pure 450 watt. kira kira buat main game GTA 5 lancar gak ya?
    terus setingan masuk low ato high
    saya blum tau betul komputer. soalnya waktu ngerakit saya nurut penjual komputernya, dan saya ga tau apa itu spek bagus/enggak buat gaming
    trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. buat main game GTA 5 bisa cuma settingannya di low

      Hapus
  8. Permisi gan ane numpang tanya nih
    nih spek laptop ane
    Prosesor : AMD A4-3300M with Radeon(tm) HD Graphics (2 CPUs)
    RAM : 4GB
    BIOS : InsydeH2O Version CCB.03.61.31F.6D
    VGA : AMD Radeon(TM) HD 6480G
    Chip Type: ATI display adapter (0x9648)
    DAC Type : Internal DAC(400MHz)
    VGA : 2 GB

    tapi ko rasanye masih lemot aje ye?ape gara2 waktu itu ane instal ulang sendiri ?

    BalasHapus
  9. Mau nanya gan. Komputer saya PSU 450watt. Vga 512mb 256bit nvidia gt9500, ram 2gb , processor inter core2duo 2.6hz e5300. Klo untuk gaming minim yang kurang di upgrade apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Processornya kurang gede minimal yang 3Ghz, biar VGA bisa maksimal

      Hapus
    2. menurut gua (pr)nya 2.6ghz (vga)521mb menurut gua kurang semua sih untuk menjalan kan game terkini.tapi tenang ada ko beberapa game terkini yg bisa di maenin meskipun spek lo kaya gitu paling cuma dota,pb, pokonya game game kecil. gua saranin kalo mau main game liat dulu spek game nya kalo kira kira kurang di kit mah jpp tinggal setting low aja udah beres tapi kalo game nya berat jangan deh.

      Hapus
  10. mau tanya, ane punya komputer jadul core 2 quad, ram 2gb mau beli vga gtx 950, bootleneck gk ya

    BalasHapus
  11. gan nanya dong, cpu ane kan dengan spesifikasi sbb, mobonya ecs h61h2-m2, graphic card nvidia 210 biostar, intel core i3-2100, ram 4gb, rencananya ane mau ganti nih graphic card yang lebih bagus lagi, itu bisa bootleneck ga ya? oh iya ane ga tau juga nih pengertian bootleneck, terima kasih

    BalasHapus
  12. wow!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    BalasHapus
  13. Gan kalo Mau ngerakit PC DG item2 INI bisa ga ya?
    Motherboard : ASUS A68HM-E
    Processor : AMD Athlon X4 860K 3.7GHz Quad-Core 
    RAM : Team DDR3 Elite 2x4GB PC-12800
    VGA : Sapphire AMD Radeon HD 5570 1GB DDR5
    Sorry newbie numpang nanya

    BalasHapus
  14. emang klo pc rakitan ada aplikasi bawaan ya?

    BalasHapus
  15. Gan kasih saran beli komponen pc buat game gta V dan ETS2, Settings High Budget di bawah 4,5 juta.

    BalasHapus
  16. gan kalo spek pc: amd A10-7870k, mobo asus A68hm-e, nvidia zotac gt 730 2gb 128 bit ddr3, psu 500 watt 80+, ram 8 gb. kalo mao upgrade ganti apaan aja??

    BalasHapus
  17. Gan ane mau nyari VGA itu harus nyesuain sama kapasitas mainboarnya apa tidak gan.. punya ane masih LGA 775 power extrim,, kira" kalo mau di full performanya pake VGA apa y gan?

    BalasHapus

close